Preeklamsia – Diagnosis

Cari perawatan medis jika Anda sedang hamil dan Anda:

doktersehat-hamil-pusing-Preeklamsia

  • Memiliki pertanyaan tentang kesehatan ibu atau kesehatan bayi Anda
  • Memiliki sakit kepala berat atau persisten atau gangguan pengelihatan (seperti penglihatan ganda atau pengelihatan bintik-bintik atau pengelihatan kabur)
  • Memiliki sakit parah di tengah-tengah perut atau di sisi kanan perut Anda di bawah tulang rusuk Anda
  • Perhatikan setiap memar yang tidak biasa atau adanya perdarahan
  • Adanya pembengkakan yang berlebihan atau penambahan berat badan yang terlalu cepat
  • Bayi Anda mengalami penurunan gerakan
  • Mengalami perdarahan vagina atau kram vagina

Tekanan darah tinggi adalah temuan yang biasa yang menunjukkan preeklamsia ringan, dan dianggap terjadi bila tekanan darah sama dengan 140/90 mmHg pada dua pengukuran, setidaknya enam jam terpisah tanpa bukti kerusakan organ.

Tekanan darah yang sangat tinggi merupakan preeklamsia berat, dan dianggap terjadi ketika tindakan tekanan darah pada atau di atas 160/110 mmHg, diukur dua kali, setidaknya jarak pengukuran selama enam jam; juga ada kriteria lain yang menunjukkan preeklamsia berat (misalnya, edema paru, proteinuria berat, oliguria (penurunan aliran urin), kerusakan hati, dan lain-lain).

Bagaimana preeklamsia didiagnosis?
Jika seorang wanita mengalami salah satu gejala di atas, panggil praktisi kesehatan segera dan segera ke klinik atau rumah sakit. Jika pasien memiliki perangkat pengukur tekanan darah sendiri di rumah, laporkan hasil membaca ini untuk dokter. Namun, tidak menggantikan tekanan darah di rumah membaca untuk kunjungan dokter.

Pastikan untuk meninjau semua gejala dan masalah dengan profesional perawatan kesehatan Anda. Profesional perawatan kesehatan harus memeriksa tekanan darah, berat badan, dan urin pada setiap kunjungan pasien ke klinik.

Jika profesional kesehatan memutuskan bahwa pasien tersuspek memiliki preeklamsia, ia akan memerintahkan tes darah untuk memeriksa jumlah trombosit, fungsi hati, dan fungsi ginjal. Dokter juga akan memeriksa sampel urin di puskesmas atau klinik, atau mungkin memerlukan pemeriksaan urin 24 jam untuk memeriksa protein dalam urin. Hasil ini tes darah harus tersedia dalam waktu 24 jam (jika dikirim keluar), atau dalam beberapa jam jika dilakukan di rumah sakit.