Fobia – Diagnosis, Pengobatan, dan Penanganan

Jika gejala fobia spesifik yang hadir, dokter akan mulai mengevaluasi dengan melihat riwayat kesehatan seseorang dan melakukan pemeriksaan fisik. Meskipun tidak ada tes laboratorium untuk secara khusus mendiagnosis fobia spesifik, dokter dapat menggunakan berbagai tes untuk memastikan bahwa penyakit fisik bukanlah penyebab dari gejala.

doktersehat-konsultasi-lupus-nyeri-lutut

Jika tidak ada penyakit fisik ditemukan, Anda mungkin akan dirujuk ke psikiater atau psikolog, profesional kesehatan yang terlatih khusus untuk mendiagnosa dan mengobati penyakit mental. Psikiater dan psikolog menggunakan alat wawancara dan penilaian yang dirancang khusus untuk mengevaluasi seseorang untuk fobia spesifik.

Dokter mendasarkan diagnosis fobia spesifik pada gejala yang dilaporkan, termasuk masalah fungsi yang disebabkan oleh gejala. Fobia spesifik didiagnosis jika ketakutan dan kecemasan seseorang sangat membuat tertekan atau jika fobia tersebut mengganggu rutinitas sehari-harinya, termasuk sekolah, pekerjaan, kegiatan sosial dan hubungan sosial.

Bagaimana fobia diobati?
Jika Anda memiliki fobia yang mengganggu kehidupan sosial atau bekerja normal, saatnya untuk mendapatkan perawatan. Terapi yang tepat sering dapat mengurangi kecemasan dan mungkin mengurangi atau bahkan menghilangkan fobia.

Pengobatan untuk fobia spesifik mungkin termasuk salah satu atau kombinasi dari:

  • Terapi bicara, konseling, psychotherapy atau CBT (terapi perilaku kognitif). Pengobatan untuk fobia spesifik melibatkan jenis CBT, baik desensitisasi atau paparan, di mana pasien secara bertahap dipaparkan secara sengaja dengan apa yang mereka takutkan sampai ketakutan mereka mulai memudar.
  • Obat. Obat biasanya tidak dianjurkan untuk mengobati fobia, tetapi antidepresan, obat penenang atau beta-blocker dapat digunakan untuk membantu mengelola gejala fobia, termasuk kecemasan.
  • Teknik relaksasi. Seperti bernapas dalam, dan menghadiri kelompok-kelompok swadaya juga dapat membantu orang dengan fobia.

Apa prospek untuk orang dengan fobia?
Bagi kebanyakan orang, fobia spesifik dapat berhasil diobati dengan terapi dan, dalam beberapa kasus, obat-obatan.

Baca Juga:  Fobia - Pengertian dan Penyebab

Dapatkah fobia spesifik dicegah?
Meskipun banyak fobia spesifik yang tidak dapat dicegah, intervensi dini dan pengobatan setelah pengalaman traumatis, seperti serangan hewan, dapat mencegah orang dari mengembangkan kecemasan yang parah.