Infeksi Sinus – Diagnosis, Endoskopi, dan Pengobatan

Dokter akan melihat gejala Anda dan melakukan pemeriksaan fisik. Dokter dapat menekan wajah Anda untuk mencari nyeri di sinus, dan menekan gigi Anda untuk melihat apakah sinus di dekat hidung mengganggu Anda.

doktersehat-influenza-sinus

Anda juga mungkin perlu pemeriksaan lainnya.

Apa itu endoskopi nasal?
Endoskopi nasal/ hidung adalah pemeriksaan dengan memasukkan alat seperti tabung panjang ke dalam hidung dilengkapi dengan lampu dan kamera. Dokter menggunakannya untuk melihat ke dalam daerah drainase hidung dan sinus Anda.

Anda dapat diberikan anestesi “lokal,” yang mematikan daerah setempat, tapi itu tidak selalu diperlukan.

Pengobatan
Jika Anda memiliki infeksi sinus sederhana, dokter mungkin menyarankan Anda menggunakan dekongestan dan mencuci hidung Anda dengan saline. Anda tidak harus menggunakan obat dekongestan lebih dari 3 hari karena dapat membuat ingus menjadi lebih padat.

Jika dokter Anda memberi Anda antibiotik, Anda mungkin akan mengkonsumsinya selama 10 sampai 14 hari. Gejala biasanya menghilang dengan pengobatan.

Udara yang hangat, udara lembab dapat membantu jika Anda memiliki sinusitis kronis. Anda dapat menggunakan vaporizer, atau Anda dapat menghirup uap dari panci air hangat. Pastikan air tidak terlalu panas.

Ada beberapa hal lain yang dapat Anda lakukan sendiri untuk membantu:

  • Kompres hangat dapat meringankan rasa sakit di hidung dan sinus.
  • Tetes hidung Saline aman digunakan di rumah.
  • Dekongestan tetes atau semprotan yang dapat dibeli bebas dapat membantu. Jangan menggunakannya lebih lama dari yang direkomendasikan.

Dalam beberapa kasus, dokter mungkin meresepkan steroid bersama dengan antibiotik.

Pilihan lain
Anda juga perlu menghindari pemicu terkait dengan sinusitis Anda. Beberapa pilihan pengobatan termasuk:

  • Jika Anda memiliki alergi, dokter anda dapat merekomendasikan antihistamin.
  • Jika jamur menjadi penyebab, Anda akan mendapatkan resep untuk obat antijamur.
  • Jika Anda memiliki defisiensi imun tertentu, dokter mungkin memberikan imunoglobulin, yang membantu melawan hal-hal yang tubuh lawan.