Demam Scarlet – Diagnosis

Anda harus menghubungi penyedia layanan kesehatan Anda jika Anda memiliki sakit tenggorokan, terutama jika dikaitkan dengan demam atau ruam. Meskipun sebagian besar kasus radang tenggorokan disebabkan oleh infeksi virus, dokter perlu untuk mengkonfirmasi bahwa Anda memiliki “radang tenggorokan” dan demam scarlet, sehingga membutuhkan resep obat (antibiotik) untuk mencegah komplikasi potensial dan mempersingkat penyakit.

doktersehat-faringitis-tenggorokan-sakit

Bagaimana demam scarlet didiagnosis?
Diagnosis demam scarlet bisa ditegakkan oleh dokter dari riwayat medis, pemeriksaan fisik, dan pemeriksaan laboratorium.

Karena sebagian besar kasus demam scarlet berhubungan dengan radang tenggorokan, dokter dapat dengan lembut mengusap bagian belakang tenggorokan dan amandel menggunakan kapas untuk mengevaluasi penyakit ini. Sebuah tes deteksi antigen cepat, kadang-kadang disebut sebagai tes rapid strep test, dapat memberikan hasil dalam beberapa menit, sementara kultur tenggorokan (yang lebih sensitif) mungkin memerlukan waktu 24-48 jam sebelum hasil yang tersedia. Dalam beberapa kasus, dokter dapat memilih untuk melakukan pemeriksaan darah. Hitung darah lengkap dapat menunjukkan bukti infeksi, dan pengujian antibodi streptokokus (misalnya, uji antistreptolisin O) dapat memberikan bukti infeksi streptokokus sebelumnya, meskipun tes ini tidak berguna pada fase akut dari penyakit. Akhirnya, dalam kasus yang jarang, infeksi streptokokus dapat ditimbulkan dari area lain di tubuh maka evaluasi yang tepat dan pemeriksaan daerah tubuh ini perlu untuk mengkonfirmasi infeksi streptokokus.

Apakah ada solusi untuk demam scarlet?
Setelah didiagnosis demam scarlet, ada berbagai langkah yang dapat membantu meringankan gejala dan mempercepat pemulihan di rumah. Sebagian besar kasus demam scarlet dapat dikelola di rumah kecuali komplikasi serius yang jarang dari penyakit berkembang.

  • Individu dengan demam scarlet dapat mengambil obat-obatan yang dapat dibeli bebas seperti Parasetamol atau ibuprofen untuk mengontrol rasa sakit dan menurunkan demam.
  • Istirahat yang cukup dan peningkatan asupan cairan juga penting untuk mempromosikan pemulihan yang lebih cepat.
  • Jika ada faringitis, berbagai pelega tenggorokan dapat memberikan bantuan sementara untuk meredkan sakit tenggorokan. Berkumur dengan air asin hangat juga dapat membantu.