Reaksi Insulin – Diagnosis dan Perawatan Mandiri

Gula darah rendah yang terkait dengan gejala hipoglikemia yang mengkonfirmasi adanya suatu reaksi insulin.

doktersehat-lidah-mulut

Langkah selanjutnya adalah mencari tahu mengapa reaksi insulin terjadi. Riwayat kesehatan akan ditanyakan oleh dokter, digali dari pasien, orang di sekitar pasien, dan keluarga. Seringkali orang-orang yang berada di sekitar individu yang terkena dapat membantu menentukan penyebab reaksi tersebut. Pengujian lebih lanjut dan tindak lanjut akan tergantung pada situasi. Seseorang yang segera sadar dan kembali ke fungsi normal dengan koreksi gula darah mungkin tidak perlu diperiksa lebih lanjut. Seseorang yang terus mengalami perubahan status mental seperti gejala kebingungan, kelesuan, koma, atau gejala seperti stroke kemungkinan akan memerlukan perawatan dan pemeriksaan lebih lanjut.

Perawatan mandiri reaksi insulin di rumah
Kebanyakan penderita diabetes atau anggota keluarga mereka dapat mengenali gejala awal reaksi insulin dan dapat mengobati sendiri situasi tersebut. Idealnya, tes darah fingerstick akan dilakukan untuk memastikan diagnosis, tapi juga masuk akal untuk segera minum sesuatu yang manis (misalnya jus buah, teh manis, atau air gula). Tablet glukosa dan wafer gula juga mudah dicerna dan bisa memberi glukosa instan ke dalam aliran darah.

Layanan darurat medis (hubungi 119 atau nomor darurat lokal Anda) harus diaktifkan jika orang yang terkena dampak tidak sadar atau mengalami kesulitan untuk tetap terjaga. JANGAN mencoba memasukkan makanan atau minuman ke mulut orang yang tidak sadarkan diri karena ada risiko tersedot ke paru-paru yang menyebabkan aspirasi pneumonia.

Kalau perlu, coba menggosok gula atau zat manis lainnya di dalam pipi atau di sepanjang garis gusi. Gula cepat diserap melalui situs-situs ini, dan ini mungkin cukup untuk membangunkan pasien.

Baca Juga:  Reaksi Insulin - Reaksi Insulin Nokturnal

Glucagon adalah obat suntik yang bisa menaikkan kadar gula darah. Banyak penderita diabetes membawa pena glukagon suntik untuk digunakan dalam keadaan darurat, dan seringkali anggota keluarga mereka juga dilatih untuk memberi suntikan untuk mengobati kadar gula darah rendah. Pasien tidak dapat selalu menyadari bahwa reaksi insulin sedang terjadi dan kerabatnya harus diajari kapan dan bagaimana cara menyuntikkan Glucagon. Setelah injeksi glukagon, orang-orang terkena reaksi harus siap untuk kondisi yang lebih buruk lagi dan mereka harus mencoba menelan gula segera setelah mereka keluar dari reaksi awal.

Jika individu yang terkena kembali normal, tes gula darah dari ujung jari harus dilakukan secara teratur (setiap 15-20 menit) untuk memastikan bahwa kadar gula darah tidak turun lagi. Orang tersebut seharusnya tidak dibiarkan sendiri karena ditakutkan terjadi hipoglikemia berulang.