Sarkoidosis – Diagnosis dan Pengobatan

Tidak ada cara tunggal untuk mendiagnosis sarkoidosis, karena semua gejala dan hasil laboratorium dapat terjadi pada penyakit lain. Untuk alasan ini, dokter dengan hati-hati akan meninjau riwayat kesehatan Anda dan memeriksa Anda untuk menentukan apakah Anda memiliki sarkoidosis. Alat utama dokter Anda akan digunakan untuk mendiagnosa sarcoidosis meliputi:

doktersehat-konsultasi-paru-doter-kanker-rokok-nyeri-dada-Pneumonia-Atipik

  • Sinar-X dada untuk mencari kekeruhan (infiltrat paru) atau pembengkakan kelenjar getah bening (limfadenopati).
  • CT Scan untuk memberikan tampilan yang lebih rinci pada paru-paru dan kelenjar getah bening.
  • Tes fungsi paru (pernapasan) untuk mengukur seberapa baik paru-paru bekerja.
  • Bronkoskopi untuk memeriksa saluran bronkial dan untuk pengambilan biopsi (sampel jaringan kecil) untuk mencari granuloma dan untuk mendapatkan bahan untuk menyingkirkan infeksi. Bronkoskopi melibatkan sebuah kamera yang melewati saluran napas kecil (disebut bronkoskopi) lalu turun menuju trakea menuju ke tabung bronkial (saluran udara) dari paru-paru.

Bagaimana sarkoidosis diobati?
Tidak ada obat untuk sarkoidosis, tetapi penyakit ini bisa lebih baik sendiri dari waktu ke waktu. Banyak orang dengan sarkoidosis memiliki gejala ringan dan tidak memerlukan pengobatan apapun. Pengobatan, bila diperlukan, diberikan untuk mengurangi gejala dan untuk menjaga organ yang terkena.

Perawatan umumnya jatuh ke dalam dua kategori – pemeliharaan praktik kesehatan yang baik dan terapi obat. praktik kesehatan yang baik meliputi:

  • Mendapatkan check-up rutin dengan dokter Anda
  • Makan diet seimbang dengan berbagai buah-buahan dan sayuran segar
  • Minum cukup cairan setiap hari
  • Tidur enam sampai delapan jam setiap malam
  • Berolahraga secara teratur dan mengelola berat badan Anda
  • Berhenti merokok

Terapi obat yang digunakan untuk meredakan gejala dan mengurangi inflamasi dari jaringan yang terkena. Pengobatan steroid prednison oral yang paling umum digunakan. Kelelahan dan batuk terus-menerus biasanya membaik dengan pengobatan steroid. Jika steroid diresepkan, Anda perlu mengunjungi dokter Anda secara rutin sehingga dokter dapat memantau penyakit dan efek samping pengobatan. Pilihan pengobatan lain termasuk methotrexate (Otrexup, Rheumatrex), hydroxychloroquine (Plaquenil), dan obat-obatan lainnya.

Baca Juga:  Skizofrenia - Penyebab

Apa kemungkinan yang dapat terjadi ketika penyakit berlangsung?
Pada banyak orang dengan sarcoidosis, penyakit muncul sebentar dan kemudian menghilang tanpa orang bahkan mengetahui mereka memiliki penyakit sarkoidosis. Dua puluh persen sampai 30% dari orang memiliki beberapa kerusakan paru-paru permanen. Untuk sejumlah kecil orang, sarkoidosis adalah kondisi kronis. Pada beberapa orang, penyakit ini dapat menyebabkan kerusakan pada organ yang terkena. Jarang, sarcoidosis bisa berakibat fatal. Kematian biasanya merupakan hasil dari komplikasi dengan paru-paru, jantung, atau otak.