Pneumonia – Diagnosis dan Pengobatan

Bila Anda memiliki gejala ringan, dokter Anda mungkin menyebutnya “pneumonia atipikal/ walking pneumonia

doktersehat-obat-minum-pneumonia

Lansia yang lebih tua mungkin memiliki gejala yang berbeda, lebih sedikit, atau lebih ringan. Mereka mungkin tidak memiliki demam. Atau mereka mungkin memiliki batuk tetapi tidak memunculkan lendir. Tanda utama pneumonia pada lansia dapat berupa perubahan berpikir. Kebingungan atau delirium contoh seringnya. Atau, jika mereka sudah memiliki penyakit paru-paru, penyakit yang yang sudah ada dapat menjadi lebih buruk.

Gejala yang disebabkan oleh virus yang sama dengan yang disebabkan oleh bakteri. Tapi mereka mungkin datang perlahan-lahan dan sering tidak jelas atau tidak buruk.

Diagnosis
Dokter kami akan bertanya tentang gejala yang Anda alami dan melakukan pemeriksaan fisik. Dokter dapat memerintahkan pemeriksaan rontgen sinar X dan hitung darah lengkap (CBC). Hal ini biasanya cukup bagi dokter untuk mengetahui apakah Anda memiliki pneumonia. Anda mungkin perlu pemeriksaan lagi jika Anda memiliki perburukan gejala, atau anda adalah seorang lansia, atau memiliki masalah kesehatan lainnya. Secara umum, semakin sakit Anda, semakin Anda memerlukan pemeriksaan.

Dokter Anda mungkin juga menguji lendir dari paru-paru Anda untuk mengetahui apakah bakteri yang menyebabkan pneumonia. Mencari tahu apa yang menyebabkan pneumonia Anda dapat membantu dokter Anda memilih perawatan yang terbaik untuk Anda.

Pengobatan
Jika pneumonia disebabkan oleh bakteri, dokter akan memberikan antibiotik. Ini hampir selalu menyembuhkan pneumonia yang disebabkan oleh bakteri. Pastikan untuk meminum antibiotik persis seperti yang diperintahkan. Jangan berhenti meminum antibiotik hanya karena Anda merasa lebih baik. Anda perlu menghabiskan antibiotik yang diberikan.

Pneumonia dapat membuat Anda merasa sangat sakit. Tapi setelah Anda mengambil antibiotik, Anda biasanya mulai merasa jauh lebih baik. Hubungi dokter Anda jika Anda tidak mulai merasa lebih baik setelah 2 sampai 3 hari pemberian antibiotik. Hubungi dokter segera jika Anda merasa lebih buruk.

Baca Juga:  Malaria - Penyebab, Gejala, dan Pengobatan

Ada hal-hal yang dapat Anda lakukan untuk merasa lebih baik selama perawatan. Banyak istirahat dan tidur, dan minum banyak cairan. Jangan merokok. Jika batuk Anda membuat Anda terjaga di malam hari, bicarakan dengan dokter Anda tentang penggunaan obat batuk.

Anda mungkin perlu untuk pergi ke rumah sakit jika mengalami perburukan gejala, sistem kekebalan tubuh lemah, atau penyakit serius lainnya.

Pneumonia disebabkan oleh virus biasanya tidak diobati dengan antibiotik. Kadang-kadang, antibiotik dapat digunakan untuk mencegah komplikasi. Tapi perawatan di rumah, seperti istirahat dan merawat batuk Anda, adalah solusi untuk pneumonia karena virus.