Nyeri Perut Pada Anak – Diagnosis dan Pengobatan

Nyeri perut pada anak-anak memiliki beberapa penyebab potensial, yang mempengaruhi beberapa sistem organ, masing-masing membutuhkan seperangkat uji diagnostik. Dokter akan mendapatkan riwayat menyeluruh dan memeriksa anak, yang kemungkinan akan mencakup pemeriksaan dubur untuk mengevaluasi adanya darah. Dari informasi ini dokter akan melakukan tes tambahan.

doktersehat-virus-zika-anak-sakit-persendian-otot-cacingan-sakit

  • Darah diambil dan dikirim ke laboratorium untuk mengetahui jumlah sel darah (darah lengkap, CBC), tes fungsi hati, kultur darah, kadar amilase/ lipase. Sampel urin dapat diambil dan dikirim untuk urinalisis dan kultur urin.
  • Sampel tinja dapat diambil untuk memeriksa apakah di tinja ada darah, bakteri, atau parasit.
  • Pemeriksaan pencitraan (sinar-X dan pemeriksaan terkait) dapat dilakukan untuk mengevaluasi perut. Pemeriksaan lainnya mungkin termasuk:
    • USG abdomen/ testis
    • CT scan perut
  • Tes khusus dapat dipesan berdasarkan kondisi anak, termasuk pemeriksaan sinar-X dengan barium enema, manometri anal, atau pemeriksaan panggul.
  • Seorang spesialis bedah anak, atau bedah umum, atau bedah digestif dapat dikonsultasikan terkait hal ini

Penatalaksanaan nyeri perut pada anak
Nyeri perut pada anak seringkali dapat diobati sendiri. Pastikan anak beristirahat yang cukup, minum yang cukup untuk mencegah dehidrasi, mencegah makanan padat dahulu, pengobatan antibiotik (dengan resep dokter), dan suplemen herbal. Parasetamol dapat diberikan jika anak memiliki demam ringan. Namun jika anak demam tinggi, diare lebih dari 24 jam, atau muntah lebih dari 24 jam, orangtua perlu mencari dokter segera

Pengobatan nyeri perut pada anak
Pengobatan akan ditentukan sesuai dengan riwayat pasien, pemeriksaan fisik, hasil tes, dan individu anak. Perawatan dapat dimulai dari yang sederhana seperti dipulangkan ke rumah dengan instruksi untuk istirahat, minum yang cukup, dan makan makanan hambar. Untuk kondisi serius, pengobatan dapat semakin rumit sehingga anak perlu masuk rumah sakit dan operasi.