Influenza – Diagnosis dan Pengobatan

Diagnosis influenza (flu) dilakukan oleh dokter dengan melihat gejala-gejala yang dikeluhkan pasien sendiri jika banyak kasus penyakit serupa telah terjadi di masyarakat dan jika departemen kesehatan setempat telah mengkonfirmasi wabah flu. Tes untuk mengkonfirmasi Anda memiliki flu dan untuk mengetahui jenis virus mungkin penting jika:

doktersehat-influenza-sinus

  • Hasil dapat mempengaruhi keputusan pengobatan. Selama wabah flu dikonfirmasi oleh departemen kesehatan setempat, pemeriksaan khusus mungkin tidak diperlukan bahkan jika pengobatan dengan obat antivirus sedang dipertimbangkan (kasus flu tidak serta merta dengan mudah memberikan obat antivirus, perlu pertimbangan khusus)
  • Selain gejala seperti flu, Anda memiliki gejala yang tidak biasa yang menunjukkan kondisi lain.
  • Otoritas kesehatan belum menemukan kasus lain dari flu di daerah Anda (Anda merupakan kasus flu yang pertama di suatu daerah).

Pengujian mungkin melibatkan tes darah (jarang digunakan) atau kultur untuk mengidentifikasi virus. Kultur membutuhkan 24 sampai 48 jam untuk mendapatkan hasil, sehingga kultur tidak akan membantu dokter memutuskan apakah akan meresepkan obat antivirus. Ada tes flu yang cepat sekarang tersedia yang memberikan hasil dalam 30 menit. Meskipun tes ini tidak 100% akurat, dapat berguna ketika memutuskan apakah akan menggunakan obat antiviral.

Pengobatan
Dalam kebanyakan orang sehat, influenza (flu) akan hilang dalam 5-7 hari. Gejala terburuk biasanya berlangsung 3-4 hari. Perawatan di rumah diperlukan untuk meringankan gejala dan mencegah komplikasi.

Beberapa orang memerlukan perawatan di rumah sakit. Gejala mungkin samkian parah atau dapat terkena pneumonia.

Obat flu biasanya hanya untuk meredakan gejala, contoh, jika ada gejala demam maka dokter dapat meresepkan parasetamol atau ibuprofen, jika ada pilek dokter dapat meresepkan resep-resep untuk mengurangi pengeluaran ingus dan lendir dari saluran napas, atau bahkan Anda dapat sembuh dengan mengkonsumsi obat anti-flu yang dijual bebas di warung.

Baca Juga:  Influenza - Pengertian

Dalam kondisi-kondisi khusus, dengan pertimbangan khusus, dokter akan meresepkan obat antivirus. Obat antivirus dapat membantu:

  • Mengurangi tingkat keparahan dan durasi dari gejala yang disebabkan oleh infeksi influenza A atau B.
  • Mempersingkat durasi penyakit.
  • Pengendalian wabah flu di rumah jompo.
  • Mengurangi penyebaran virus kepada orang-orang yang berisiko tinggi untuk mendapatkan komplikasi berat dari flu (kelompok berisiko tinggi).
  • Mengurangi komplikasi dari flu.

Orang yang berisiko tinggi komplikasi dianjurkan untuk menghubungi dokter dalam waktu 48 jam dari gejala pertama mereka untuk mengetahui apakah mereka membutuhkan obat untuk mempersingkat penyakit. Mereka juga harus memanggil dokter untuk menerima pengobatan jika mereka telah terkena flu.