Hernia Nukleus Pulposus – Diagnosis dan Pengobatan

Masalah diskus terkadang berbaur dengan masalah penyakit degeneratif. Perubahan kondisi alami diskus merupakan proses penuaan normal. Ini merupakan bagian dari kehilangan bertahan fleksibilitas tubuh seiring berjalannya usia. Degenerasi diskus menjadi lebih serius pada orang-orang tertentu daripada orang lain. Kasus HNP yang berat dapat merupakan akibat dari defisiensi kolagen, bahan yang digunakan untuk membuat tulang rawan. Tonus otot yang lemah, postur yang buruk, dan obesitas juga menyebabkan tarikan berlebihan pada tulang belakang dan ligamen yang menahan diskus agar tetap di tempat.

doktersehat-encok-sakit-punggung-hernia

Bagaimana cara penegakan diagnosis?

  • HNP dapat didiagnosis melalui riwayat medis dan pemeriksaan fisik. Dokter akan menanyakan gejala, cedera atau penyakit yang pernah diderita, dan pengobatan sebelumnya, pekerjaan, kebiasaan dan aktivitas sehari-hari yang menyebabkan nyeri di leher, lengan, punggung, pantat, atau tungkai kaki. Selama pemerisaan fisik, dokter akan:
  • Mengecek rentang gerak sendi area yang terkena dan nyeri yang disebabkan oleh karena gerakan
  • Memeriksa area nyeri dan saraf yang terkait, menanyakan rasa baal, kesemutan, atau kelemahan, dan memeriksa refleks anggoa gerak
  • Memeriksa kondisi lain seperti patah tulang, tumor, dan infeksi

Jika pemeriksaan dokter menunjukkan tidak ada tanda untuk kondisi yang serius, pemeriksaan pencitraan seperti rontgen sinar-X, tidak akan banyak membantu. Pemeriksaan pencitraan dapat dipertimbangkan jika gejala mengarah ke kondisi serius, atau terjadi setelah suatu kecelakaan, jika ada kerusakan saraf yang diduga, atau riwayat kesehatan Anda mengarah ke kondisi yang dapat mempengaruhi tulang belakang Anda, seperti penyakit tulang, tumor, atau infeksi.

Bagaimana kondisi HNP ini diobati?
Untuk meredakan nyeri, berikan kompres es atau kompres hangat (terserah, mana yang lebih nyaman) pada area yang terasa nyeri, dan konsumsi obat parasetamol atau obat anti-inflamasi nonsteroid seperti ibuprofen atau naproxen. Dokter dapat meresepkan obat antinyeri yang memiliki potensi lebih kuat jika dibutuhkan.

Baca Juga:  Hernia Nukleus Pulposus - Pengertian dan Ulasan Singkat

Anda juga perlu fisioterapi dan olahraga untuk memperkuat dan merenggangkan punggung. Pada kasus tertentu, operasi dibutuhkan. Operasi biasanya membenahi diskus yang rusak. Pada beberapa kasus, tulang belakang secara permanen bersatu untuk melindungi tulang belakang. Pada kasus yang sangat jarang, diskus artifisial (diskus buatan) dapat ditambahkan untuk mengganti diskus yang diambil.