Diabetes Saat Hamil Dipicu Oleh Konsumsi Kentang?

DokterSehat.Com – Terdapat sebuah perdebatan yang sangat menarik belakangan ini mengenai makanan kentang dimana sebagian besar kentang justru dituding sebagai penyebab diabetes tipe 2 yang sangat membahayakan. Bahkan, ibu hamil juga beresiko tinggi mendapatkan penyakit berbahaya ini jika sering-sering mengkonsumsi kentang. Apakah hal ini benar adanya?

doktersehat-kehamilan-hamil

British Medical Journal menerbitkan hasil penelitian terbaru tentang konsumsi kentang pada ibu hamil. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa ibu haiml yang mengkonsumsi kentang panggang setidaknya sekali dalam seminggu ternyata memiliki resiko terkena diabetes pada masa kehamilan atau yang disebut sebagai diabetes gestasional. Selain itu, Harvard Mecial School juga mengadakan penelitian tentang bagaimana kentang bisa menyebabkan penyakit diabetes. Hasilnya adalah, kandungan pati pada kentang ternyata sangat mudah dicerna dan juga diserap oleh saluran pencernaan. Jika ibu hamil banyak mengkonsumsi kentang panggang, maka kandungan pati yang diserap oleh tubuh pun akan meningkat dengan signifikan sehingga kemungkinan terkena penyakit diabetes pun meningkat drastis meskipun berat badan ibu hamil masih dianggap ideal.

Selain kentang panggang, pakar kesehatan juga menyebutkan jika kentang rebus, kentang tumbuhk, atau bahkan keripik kentang juga akan memberikan resiko yang sama munculnya penyakit diabetes ini. Memang, diabetes gestasional akan menghilang setelah masa kehamilam berakhir. Sayangnya, terdapat sebagian kecil wanita hamil yang justru mendapatkan diabetes tipe dua yang jauh lebih berbahaya setelah mendapatkan diabetes gestasional.

Ibu hamil seharusnya waspada akan penyakit diabetes gestasional mengingat adanya resiko melahirkan bayi yang sudah mati, melahirkan secara prematur, atau bahkan keguguran. Fase trimester ketiga biasanya akan menjadi fase paling krusial bagi ibu hamil yang mengalami diabetes gestasional. Alih-alih mengkonsumsi kentang, ada baiknya ibu hamil kian memperhatikan makanan dengan gizi seimbang agar kesehatan badan dan bayinya akan terjaga dengan baik.