Diabetes Pada Saat Hamil Wajarkah?

DokterSehat.Com – Kasus diabetes yang muncul pada wanita hamil cukup banyak terjadi. Namun, jenis diabetes yang disebut Diabetes Mellitus Gestational (DMG) ini wajar dialami, karena adanya faktor ketidakstabilan hormon selama kehamilan.



Disaat hamil, terjadi dinamika hormonal, naik hormon-hormon tertentu sehingga menyebabkan sel-sel tubuh resisten dengan insulin. Akibatnya, potensi gula darah naik selama kehamilan sangat besar, kata dokter spesialis penyakit dalam dan konsultan endokrin Rumah Sakit Cipto Mangun Kusumo, dr Tri Juli Tarigan, di Jakarta, beberapa waktu lalu.

Masalah ini akan lebih berisiko pada wanita yang memiliki riwayat keluarga dengan diabetes dan faktor gaya hidup serta profil tubuh seperti kondisi obesitas. Rokok dan riwayat tekanan darah tinggi juga berpengaruh. Namun, bila faktor tersebut muncul sebelum kehamilan, itu bukan lagi DMG.

Dengan adanya faktor risiko sebelum mengandung, berarti wanita ini berisiko diabetes tipe 2. Sementara wanita hamil dengan DMG umumnya bisa kembali normal setelah selesai melahirkan, kata dr Tri Juli.

Prevalensi DMG sendiri, menurut dr Tri Juli, sekira tiga sampai lima persen dari semua kehamilan. Meski sembuh setelah melahirkan, risiko terkena diabetes tipe dua dalam kurun waktu 10 tahun ke depan pada wanita yang pernah DMG juga cukup besar.

Untuk mengetahui apakah sang ibu hamil menderita DMG, maka skrining glukosa darah bisa dilakukan saat kunjungan pemeriksaan kandungan pertama maupun pada saat kehamilan, khususnya di minggu ke 24-28, tambahnya.