Diabetes Pada Kehamilan Bisa Meningkat Resikonya Jika Ibu Hamil Konsumsi Kentang

DokterSehat.Com – Pakar kesehatan menyebutkan jika selain mereka yang menerapkan gaya hidup tidak sehat atau memiliki pola makan yang sangat buruk, ibu hamil adalah mereka yang juga memiliki resiko tinggi terkena diabetes. Memang, diabetes yang disebut sebagai diabetes gestasional ini bisa terjadi selama masa kehamilan saja. Namun, jika tidak menjaga kesehatan dengan baik, dikhawatirkan diabetes bisa berlanjut dan bahkan bisa menimbulkan komplikasi serius pada tubuh dan juga kondisi kandungan. Ibu hamil tentu harus lebih baik dalam menata pola makan dan menerapkan gaya hidup demi terhindar dari penyakit berbahaya ini.

doktersehat-kentang-potato-sehat-1

Sebuah penelitian dilakukan oleh dr. Cuilin Zhang, pakar kesehatan yang berasal dari National institues of Health. Penelitiannya sendiri dirilis oleh New York Times awal tahun ini dan menyebutkan jika ada 21. 693 wanita hamil yang terlibat menjadi partisipan dan ditemukanlah 854 kasus diabetes gestasional yang diteliti oleh pakar kesehatan. Dari semua kasus diabetes gestasional tersebut, dipelajarilah kadar glukosa dalam darah selama masa kehamilan berlangsung yang biasanya ternyata cukup tinggi. Penelitian yang dilakukan selama empat tahun ini pun memberikan gambaran beras mengenai gambaran diet yang dilakukan oleh ibu hamil dan berkaitan dengan masalah diabetes ini.

Dari semua data yang diambil, dr. Zhang berkesimpulan jika ibu hamil yang mengkonsumsi satu porsi kentang dalam seminggu akan cenderung meningkatkan resiko terkena diabetes hingga 20 persen. Sementara itu, konsumsi dua hingga empat porsi dalam seminggu akan meningkatkan resiko hingga 27 persen, dan konsumsi lima atau lebih porsi kentang dalam seminggi bisa meningkatkan resiko terkena diabetes gestasional hingga 50 persen. Hal ini dikarenakan Kentang ternyata mampu meimcu kenaikan kadar glukosa dalam darah dengan cepat bagi ibu hamil.

Baca Juga:  Nyeri Pada Leher? Ini Dia Penyebabnya

Hanya saja, dr. Zhang tidak serta merta melarang ibu hamil untuk mengkonsumsi kentang. Jika diimbangi dengan konsumsi sayuran dan buah-buahan, konsumsi kentang justru bisa menurunkan resiko diabetes gestasional pada tubuh.