Diabetes Mellitus (Kencing Manis) – Apa Saja Masalah Kesehatan yang Ditimbulkan? Penyakit Jantung, Penyakit Ginjal, Disfungsi Seksual, dan Infeksi

DokterSehat.Com – Jaga diri Anda ketika Anda didiagnosis dengan diabetes. Anda perlu mengecek gula darah Anda, pola makan yang benar, tetap aktif, dan konsumsi obat-obatan. Kini di era BPJS, diabetes sepenuhnya menjadi tanggungjawab pemerintah, dengan jalan Anda melakukan iuran BPJS setiap bulan, lalu jika memang pengecekkan gula darah Anda tinggi, maka setiap bulan Anda akan mendapatkan obat gratis (obat diabetes akan diberikan secara cuma-cuma untuk sebulan) dan akan mendapatkan pengecekkan gula darah gratis dari pemerintah melalu program “prolanis”. Gula darah yang dicek adalah gula darah puasa dan gula darah 2 jam setelah makan oleh laboratorium.

doktersehat-jantung-calcium-channel-blocker-pembuluh-darah-obat-a-z

Dengan begitu, ketika kadar gula kita terkontrol, maka diharapkan komplikasi diabetes dapat terhindarkan dari diri Anda, dan Anda dapat hidup sehat selayaknya orang tanpa penyakit gula.

Penyakit Jantung

Penyusutan fungsi dari pembuluh darah dapat disebabkan oleh diabetes. Hal ini dapat membuat jantung bekerja ekstra. Orang dengan diabetes juga cenderung kelebihan berat badan (overweight) atau memiliki kondisi lain yang memberatkan jantung, seperti tekanan darah tinggi dan kolestrol tinggi. Hal-hal tersebut dapat menjadi faktor risiko serius untuk penyakit jantung. Maka pentingnya menjaga kadar gula darah, dan membiasakan hidup sehat: olahraga teratur, makan makanan sehat, dan melakukan cek kolestrol rutin serta tekanan darah rutin, serta tidak merokok atau menjadi perokok pasif.

Penyakit Ginjal

Ginjal Anda diisi oleh banyak pembuluh-pembuluh darah yang sangat kecil yang menyaring sampah tubuh, yang terbuang ketika Anda buang air kecil (pipis). Kadar gula darah yang tinggi dapat membuat saringan pada ginjal tersebut bekerja lebih keras. Seiring berjalannya waktu, ginjal pada akhirnya bermasalah dan berhenti berfungsi. Cara menjaga kondisi ginjal Anda adalah dengan rutin memeriksakan kadar gula darah dan tekanan darah. Ketika Anda merasakan gejala penyakti ginjal, mengontrol gula darah secara teratur adalah hal yang wajib.

Baca Juga:  Ejakulasi Dini Ternyata Akan Menyiksa Wanita

Masalah Seksualitas

Semuanya bermuara pada masalah pada pembuluh darah Anda. Kerusakan pada saraf dan pembuluh darah dapat menyebabkan diabetes dan menurunkan aliran darah, yang akan memicu disfungsi ereksi untuk laki-laki. Perempuan tetap akan mengalami masalah pada kurangnya gairah, ketidaknyamanan atau nyeri saat bersanggama, atau tidak merasakan sensasi apapun. Kontrol gula darah secara teratur akan membantu, diikuti dengan perubahan gaya hidup yang akan membantu meringankan tekanan darah, seperti olahraga, menurunkan berat badan yang berlebih, dan berhenti merokok.

Infeksi

Diabetes membuat Anda cenderung mudah mendapatkan infeksi dan mendapatkan komplikasi dari infeksi tersebut. Orang dengan penyakit ini akan menghadapi risiko lebih tinggi untuk mendapatkan sariawan, infeksi saluran napas, flu, pneumonia, infeksi traktur urinarius, infeksi jamur, dan lebih banyak lagi. Jaga kondisi tubuh Anda. Kalau perlu, pastikan Anda tetap mendapatkan vaksinasi terbaru.