Diabetes Melitus dan Masalah Kaki – Melepuh, Kulit Kering, Ulkus Kaki, Jari Palu, dan Kuku Kaki Tumbuh ke Dalam

Masalah kaki yang terkait dengan diabetes lainnya adalah sebagai berikut.

doktersehat-kulit-tangan-halus-kesehatan-skin-Eksim-Nummular-Dermatitis-Erisipeloid-Eritema-Nodosum-ichtyosis-lamellar-panu

Melepuh
Lepuhan adalah  daerah cairan dari kulit yang terbentuk karena energi panas termasuk gesekan. Memecah cairan yang ada di balik kulit bukanlah cara yang baik untuk menanganainya karena kulit yang menutupi daerah lepuh tersebut membantu menjaga terhadap infeksi. Untuk merawat kulit yang melepuh, jaga agar daerah kulit tetap bersih, oleskan krim antibakteri atau salep, dan tutup dengan perban untuk mengurangi risiko infeksi.

Kulit kering
Kulit kering, kulit pecah-pecah memungkinkan bakteri dan kuman lainnya untuk masuk ke dalam tubuh Anda, berpotensi menyebabkan infeksi. sabun pelembab, lotion, dan produk lainnya dapat membantu menjaga penghalang kulit lembut, utuh, dan sehat.

Ulkus kaki
Ulkus kaki adalah luka berbahaya yang dapat mempengaruhi orang-orang dengan diabetes. Ketika terjadi robekan atau luka kulit radang dapat terjadi, lalu menjadi infeksi. Pada orang yang menderita diabetes, luka lama sembuh atau gagal untuk sembuh. diagnosis dan pengobatan dini diperlukan untuk mengurangi risiko komplikasi. Dokter Anda adalah sumber informasi terbaik tentang cara untuk merawat sakit kaki.

Jari palu
Otot melemah pada jari-jari kaki berkontribusi penampilan jari yang melengkung dikenal sebagai “jari palu/ hammertoes.” Kelemahan ini memperpendek tendon di jari-jari kaki, menyebabkan tendon berkontraksi. Hammertoes bisa turun-temurun (genetik). Mereka juga dapat disebabkan oleh pemakaian sepatu yang terlalu kecil dan memberikan ruang kaki yang tidak memadai. Hammertoes dapat menyebabkan masalah kaki seperti kapalan, luka, lecet, dan kesulitan berjalan. Sepatu korektif dan splints dapat membantu reposisi dan mengobati jari palu. Kadang-kadang operasi mungkin diperlukan untuk meluruskan jari-jari kaki yang terkena.

Kuku tumbuh ke dalam
Kuku kaki yang tumbuh ke dalam adalah kondisi ketika kuku tumbuh justru ke dalam kulit sepanjang tepi kuku. Kuku tumbuh ke dalam dapat menyebabkan rasa sakit, tekanan, dan bahkan melukai kulit yang dapat menyebabkan infeksi. Memakai sepatu ketat atau tidak pas meningkatkan risiko kuku kaki tumbuh ke dalam. kegiatan berdampak tinggi seperti lari dan aerobik dapat menyebabkan masalah ini juga. Berjalan, jari yang rapat, kuku jari yang tidak dipotong rutin juga dapat menyebabkan kuku tumbuh ke dalam. Cara terbaik untuk mencegah kuku tumbuh ke dalam adalah untuk menjaga kuku agar tetap dipotong secara rutin. Perawatan medis profesional diperlukan jika kuku tumbuh ke dalam adalah berat atau jika ada infeksi. Kadang-kadang operasi diperlukan untuk menghilangkan bagian kulit yang terluka yang terkena kuku dan menghilangkan lempeng pertumbuhan yang kuku tumbuh.