Diabetes Melitus dan Masalah Kaki – Kaki Atlit, Infeksi Jamur Kaki, Kapalan, dan Jari Jagung

Diabetes meningkatkan risiko komplikasi serius terkait dengan kondisi ini, yaitu meliputi infeksi dan bahkan amputasi.

doktersehat-kulit-tangan-halus-kesehatan-skin-Eksim-Nummular-Dermatitis-Erisipeloid-Eritema-Nodosum-ichtyosis-lamellar-panu

Kaki atlit
Infeksi jamur pada kaki disebut “kaki atlit”. Kaki pecah-pecah, gatal, dan kemerahan, adalah gejala terkait kondisi ini. Jamur memasuki kaki yang pecah-pecah pada kulit menyebabkan infeksi yang perlu diobati dengan obat antijamur. Meminum obat oral atau krim yang dioleskan ke kulit dapat mengobati kaki atlit.

Infeksi jamur pada kuku kaki
Kuku menjadi tebal, berwarna kuning-kecoklatan atau buram merupakan tanda tersering dari infeksi jamur. Daerah kuku yang terinfeksi dapat hancur. Jamur tumbuh subur di tempat yang hangat, lembab, dan gelap yang dapat terjadi dengan memakai sepatu berujung tertutup. Cedera kuku juga meningkatkan risiko infeksi jamur kuku. Infeksi ini sulit ditangani, tetapi bukan tidak mungkin untuk diobati. obat-obatan oral bekerja terbaik untuk mengobati infeksi jamur kuku. pengobatan topikal hanya efektif untuk beberapa jenis infeksi jamur kuku. Kadang-kadang, operasi diperlukan untuk mengambil area kuku yang terinfeksi.

Kapalan (Kalus)
Kapalan adalah area keras dari kulit yang menebal yang terjadi pada bagian bawah kaki. Distribusi telapak yang tidak merata, kelainan kulit, atau sepatu yang tidak pas dapat menyebabkan kapalan. Gunakan tips-tips untuk merawat kapalan:

  • Gosok daerah yang menebal dengan batu apung setelah mandi atau mencuci kaki. Tanyakan kepada dokter Anda cara terbaik untuk melakukan hal ini.
  • Tempatkan sol empuk atau alas dalam sepatu.
  • Tanyakan kepada dokter Anda tentang resep obat untuk melunakkan kapalan.

Normal untuk memiliki beberapa kapalan. Sangat penting untuk tidak pernah mencoba untuk memotong kapalan menggunakan benda tajam. Melakukan hal itu dapat menyebabkan cedera serius, terlebih jika Anda memiliki kencing manis.

Baca Juga:  Waspada Diabetes di Usia Lanjut

Jari jagung
Jagung adalah area seperti tombol yang merupakan menebal kulit yang terbentuk di antara jari kaki atau dekat area tulang jari kaki. Tekanan dan gesekan penyebab jagung. Gunakan tips-tips untuk merawat jagung:

  • Gosok daerah dengan batu apung setelah mandi atau mandi. Konsultasikan dengan dokter Anda sebelum melakukan hal ini.
  • Hindari perawatan pengambilan jagung secara mandiri.
  • Jangan pernah mencoba untuk memotong jagung dengan benda tajam. Melakukan hal itu dapat menyebabkan cedera serius, terlebih Anda memlliki kencing manis.