Bolehkah Penderita Diabetes Mengonsumsi Mie Instan?

doktersehat-mie-diabetes
Photo Credit: Flickr.com/Else Hui

DokterSehat.Com– Mie instan menjadi salah satu makanan olahan yang cukup banyak dikonsumsi. Di Indonesia sendiri, mie instan seakan merajai produk makanan kemasan. Tidak heran jika ada banyak orang yang sangat menyukai berbagai jenis mie instan.

Bagaimana dengan penderita diabetes? Bolehkah mengonsumsi mie instan?

Porsi mie instan yang dianjurkan

Mie instan merupakan makanan sumber karbohidrat yang bisa dipilih sebagai variasi jenis makanan pokok.

American Diabetes Association
menyebutkan bahwa penderita diabetes boleh mengonsumsi sumber makanan karbohidrat sebanyak 45-60 gram dalam satu kali makan, jika kebutuhan harian penderita diabetes adalah 2000 kkal.

Hal ini menunjukkan bahwa konsumsi mie instan bagi penderita diabetes boleh-boleh saja dilakukan asalkan porsi yang dikonsumsi sesuai dengan kebutuhan.

Kandungan indeks glikemik pada mie instan juga tergolong sedang, sehingga konsumsi mie instan tidak akan dengan cepat meningkatkan kadar gula darah tubuh.

Ada perhitungan yang tepat agar bisa tahu berapa banyak porsi yang bisa dikonsumsi oleh masing-masing penderita diabetes. Beberapa hal yang harus diperhatikan adalah jenis kelamin, kondisi fisik, aktivitas hingga kondisi kesehatan penderita diabetes secara umum.

Perhitungan kebutuhan dengan tepat bisa dilakukan dengan berkonsultasi dengan dokter atau ahli gizi.

Jenis mie instan yang dianjurkan

Selain porsi, jenis mie instan yang dianjurkan dikonsumsi adalah mie instan yang terbuat dari tepung yang terbuat dari bahan yang memiliki kandungan serat tinggi. Hal ini bisa diperoleh dengan memilih atau membuat tepung mie instan dari tepung kacang hijau atau mie dari tepung gandum utuh bisa dipilih.

Selain itu, selalu sajikan mie instan dengan sehat ya, gunakan bumbu dari bahan alami, tambahkan pula sayur-sayuran yang juga akan meningkatkan asupan serat bagi tubuh.

Dengan memerhatikan porsi dan jenis mie instan, kondisi kesehatan penderita diabetes tidak akan terganggu.

ikuti-kontes-sehatitubaik-menangkan-berbagai-hadiah-menarik