Diabetes Bisa Memicu Masalah Kesehatan Lain yang Berbahaya

DokterSehat.Com – Penyakit diabetes termasuk sebagai penyakit yang sangat mengerikan. Bagaimana tidak, penderita diabetes bisa mengalami perubahan hidup yang sangat signifikan jika dibandingkan dengan saat mereka masih belum diserang penyakit mengerikan ini. Bahkan, pakar kesehatan menyebutkan jika diabetes bisa berlanjut menjadi masalah kesehatan lain yang sangat mengerikan, diantaranya bahkan bisa berupa komplikasi yang sangat mematikan.

doktersehat-diabetes-gula-penyakit

Pakar kesehatan dari Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta, Koesmedi Priharto mengungkapkan jika penderita diabetes akan memiliki kadar gula darah yang sangat tinggi dan hal ini akan merusak sistem pembuluh darah pada tubuh secara keseluruhan. Jika sistem pembuluh darah ini rusak, maka tubuh pun bisa mengalami komplikasi penyakit lain. Sebagai contoh, organ tubuh layaknya jantung atau ginjal bisa mengalami masalah, atau bahkan membuat peningkatan resiko stroke yang menyerang otak. Hal ini berarti, selain bisa membuat masalah layaknya luka yang sulit sembuh, resiko kematian yang diakibatkan oleh komplikasi berbagai penyakit juga bisa melanda para penderita diabetes.

Pakar kesehatan lainnya yang berdinas di Kementerian Kesehatan, Lily S Sulistyowati, menyebutkan jika dunia kesehatan harus lebih baik dalam mengkampanyekan pendeteksian dini penyakit diabetes dan cara-cara terbaik agar mencegah penyakit ini mengingat masih cukup tingginya kasus diabetes di berbagai rumah sakit di tanah air, bahkan dari data WHO sendiri Indonesia adalah penderita ke 7 terbesar di dunia untuk penyakit diabetes. Beliau berkata bahwa semua orang harus lebih pandai dalam menerapkan gaya hidup sehat dengan memakan makanan dengan gizi seimbang, rutin melakukan aktivitas fisik, serta tidak merokok. Selain itu, pengecekan kadar gula darah juga harus rutin dilakukan agar kita bisa segera mendeteksi adanya penyakit diabetes atau tidak agar kita bisa mencegah munculnya diabetes yang bisa berujung pada komplikasi.