Diabetes Bisa Dipicu Oleh Aktifitas Kerja Yang Sangat Panjang

DokterSehat.Com – Tuntutan pekerjaan modern kini sangatlah besar dan bisa membuat seseorang bisa melakukan kerja lembur setiap hari. Dalam beberapa kasus, seseorang, baik itu pekerja kantoran atau bahkan buruh pabrik bisa bekerja hingga larut malam hanya untuk memastikan bahwa pekerjaan akan selesai dengan tepat waktu. Memang, mereka yang bekerja lembut akan diberikan uang tambahan yang biasanya berjumlah cukup besar. Namun, besarnya uang tersebut biasanya akan menjadi percuma karena kebiasaan bekerja dengan waktu yang sangat panjang akan membuat seseorang beresiko mengalami penyakit diabetes melitus tipe 2.



Mereka yang bekerja hingga larut malam akan bersiko memiliki gaya hidup yang sangat tidak sehat, khususnya karena waktu istirahat mereka yang cenderung sangat kurang. Banyak pekerja yang mengaku mereka tetap berangkat pagi-pagi ke tempat kerja dan baru selesai bekerja saat malam telah larut. Waktu tidur pun akan cenderung sangat kurang jika dibandingkan dengan yang direkomendasikan, yakni setidaknya tujuh jam setiap hari. Dengan waktu tidur yang cenderung sangat kurang, maka gula darah pun bisa meningkat drastis dan jumlah insulin yang dilepaskan tubuh justru menurun hingga 32 persen lebih rendah. Mereka yang kekurangan waktu tidur juga akan cenderung memiliki metabolisme tubuh yang jauh lebih lambat.

Mereka yang bekerja hingga larut malam juga cenderung akan mengkonsumsi apa saja yang ada di sekitar mereka untuk menemani waktu bekerjanya. Sayangnya, memakan makanan apa saja yang dekat dan praktis berarti kebanyakan pekerja akan memakan makanan instan, makanan kaya kalori, atau makanan yang kaya dengan kandungan gula dan lemak. Makanan-makanan tersebut jika dikonsumsi cukup sering tentu akan memudahkan peningkatan gula darah dengan cepat.

Baca Juga:  Dampak Buruk Sering Mengkonsumsi Teh Manis

Bekerja hingga larut malam seringkali membuat pikiran kita melampaui batasan stress, apalagi jika tuntutan untuk menyelesaikan pekerjaan dengan segera sangatlah tinggi. Pekerja yang stress tentu akan memicu ketidakseimbangan hormon yang bisa memicu ketidakseimbangan insulin dalam tubuh hingga bisa memicu masalah diabetes. Selain itu, mereka yang bekerja hingga larut malam juga cenderung tidak banyak bergerak untuk fokus di pekerjaannya saja dan tidak memiliki waktu untuk melatih tubuh. Kurangnya aktifitas fisik ini dan dipadukan dengan pola makan yang semakin memburuk akan menyempurnakan munculnya penyakit diabetes.