Di Yaman Sedang Terjadi Wabah Kolera yang Cukup Parah

DokterSehat.Com – Yaman memang bukan Negara yang cukup terkenal di Jazirah Arab. Namun, baru-baru ini, Yaman menjadi perbincangan hangat bagi organisasi kesehatan dunia WHO. Bagaimana tidak, Yaman ternyata sedang mengalami wabah kolera yang cukup parah dan membutuhkan penanganan yang cepat dan tepat. Bagaimana hal ini bisa terjadi?

doktersehat-sakit-perut-kandung-kemih

Juru bicara WHO untuk Negara di ujung Semenanjung Arab ini, Omar Saleh, menyebutkan jika di ibukota Sana’a sudah diketahui ada 11 orang yang terinfeksi penyakit yang menyerang saluran pencernaan ini. Beruntung, wabah ini diketahui masih terjadi di lingkup ibukota saja dan belum menyebar ke daerah lain sehingga meminta masyarakat Yaman untuk tidak panic mendengar hal ini.

Saleh menyebutkan jika semua pasien berasal dari kota yang sama dan masih belum ada yang dilaporkan meninggal. Hanya saja, pakar kesehatan di negeri tersebut mulai mengantisipasi adanya laporan kolera dari daerah lain, khususnya pada kamp-kamp pengungsian yang banyak tersebar di luar kota Sana’a. Sebagai informasi, negeri ini memang masih dilanda peperangan yang membuat banyak penduduk mengungsi di kamp-kamp pengungsian yang cenderung memiliki sanitasi air yang buruk dan makanan yang kurang higienis. Padahal, kombinasi dari makanan yang kurang higienis, sanitasi air yang buruk, dan juga berkumpulnya banyak orang di satu tempat akan sangat memungkinkan terjadinya wabah kolera.

Sebagai informasi, kolera memang kerap menyerang masyarakat dari Negara yang dilanda perang atau baru mengalami bencana alam, layaknya yang baru-baru ini juga terjadi di Haiti. Kolera sendiri disebabkan oleh bakteri vibrio cholerae yang berkembang biak melalui kotoran manusia. Andai bakteri ini sudah mengkontaminasi air yang dikonsumsi manusia, maka usus dari pengkonsumsinya bisa mengalami infeksi yang cukup parah dan pada akhirnya mengalami diare dan muntah-muntah. Jika hal ini dibiarkan begitu saja, maka penderitanya bisa mengalami dehidrasi dan pada akhirnya meninggal dunia.