Di Tempat Ini, Kopi Harus Diberi Label Peringatan Kanker

minum-kopi-coffee-doktersehat

DokterSehat.Com– Seorang hakim dari Los Angeles, California, memutuskan untuk meminta produsen kopi untuk memberikan label peringatan kanker pada setiap produknya jika dijual di California, Amerika Serikat.

Dikutip dari Foxnews, Hakim Agung Elihu Berle pada Rabu, 28 Maret 2018 lalu menyebutkan bahwa produsen kopi, baik itu kopi kemasan ataupun penyedia kopi yang siap diminum telah gagal membuktikan bahwa kopi tidak memiliki kandungan kimia yang bisa saja membahayakan kesehatan.

Kandungan kimia yang dimaksud adalah acrylamide, sejenis karsinogen yang muncul tatkala biji kopi dipanggang. Padahal, sudah menjadi rahasia umum jika karsinogen adalah salah satu penyebab kanker. Selain kandungan kimia ini, minuman beralkohol juga dianggap termasuk dalam minuman yang dianggap sebagai pemicu kanker dan harus diberi label peringatan.

Sebenarnya, kasus ini berawal tahun 2010 lalu. Sekelompok orang meminta produsen sekaligus distributor dan penjaja kopi untuk memberikan label peringatan pada kopi yang dikonsumsi karena membuat penikmat kopi terpapar acrylamide. Padahal, sebagaimana aturan California Safe Drinking Water and Toxic Enforcement Act tahun 1986, setiap pebisnis harus mencantumkan informasi pada kandungan produk yang bisa saja menyebabkan masalah kesehatan.

CEO National Coffee Association, William Murray menyebutkan bahwa kopi sebenarnya adalah salah satu minuman yang sangat baik bagi kesehatan. Bagi Murray dan rekan-rekannya, tuntutan ini justru membuat penikmat kopi menjadi bingung. Padahal, kopi adalah minuman yang sehat dan akan terus seperti itu.

Pihak industri kopi juga mengaku keberatan dengan permintaan pencantuman label ini mengingat kandungan acrylamide ini muncul secara alami saat kopi diolah dan membuat kopi memiliki aroma dan rasa yang khas.

Keputusan hakim ini masih bisa diubah, namun, sepertinya hal ini sulit untuk dilakukan.

Kalau Sobat Sehat sendiri menganggap kopi sebagai minuman sehat atau tidak?