Di Polandia, Operasi Transplantasi Bagi Penyandang Cacat Bawaan Berhasil Dilakukan

DokterSehat.Com – Untuk pertama kalinya di dalam dunia kesehatan, dokter bedah di Polandia berhasil menyambung tangan pada pria yang sebelumnya hanya memiliki satu tangan saja. Pakar kesehatan bahkan menyebutkan jika ini adalah untuk pertama kalinya operasi cangkok pada tubuh bagian atas orang dewasa yang memiliki cacat bawaan bisa dilakukan. Bagaimana hal ini bisa terjadi?

doktersehat-operasi-pisau

Adam Domanasiewicz, ahli bedah yang memimpin operasi yang dilangsungkan di Wroclaw Medical University ini menyebutkan jika keberhasilan operasi ini bisa menjadi tonggak sejarah baru dalam dunia medis, khususnya di bidang bedah. Ia menyebutkan jika operasi yang dilangsungkan selama 13 jam pada 15 Desember kemarin ini membuat pasien yang bernama depan Piotr kini memiliki tangan transplantasi yang berasal dari pendonor yang sudah meninggal dunia. Piotr sendiri menyebutkan jika Ia sangat berbahagia dengan keberhasilan operasi ini dan bahkan berharap bisa segera memeluk keluarganya setelah pulih.

Domanasiewicz berkata jika keberhasilan operasi ini menjadi terobosan dalam bidang neurofisiologi dan praktek transplantasi anggota tubuh mengingat sebelumnya hal ini tidak bisa dilakukan bagi mereka yang memiliki cacat bawaan. Hal ini berarti, ada ratusan ribu atau bahkan jutaan orang lain di dunia yang terlahir dengan kondisi disabilitas bisa memiliki harapan baru di masa depan. Jika sebelumnya mereka hanya mampu mendapatkan anggota tubuh tambahan dari bahan buatan, maka kini mereka juga bisa berharap akan mendapatkan anggota tubuh baru yang berasal dari pendonor.

Pitor sediri menyebutkan jika lengannya masih belum bisa digerakkan secara total meskipun jari-jarinya sudah bisa digerakkan. Namun, para dokter optimis jika lengan ini akan bisa bergerak seiring dengan waktu. Selain operasi yang dilakukan pada Piotr, diketahui bahwa ada prosedur lain dari operasi yang serupa yang telah dilakukan pada kembar siam yang terlahir di Kanada dan juga Indonesia.