Di Masa Depan, Pria Diprediksi Akan Bisa Hamil!

DokterSehat.Com– Pernahkah anda berpikir jika pria bisa mendapatkan kehamilan sebagaimana wanita? Seorang professor kesuburan bernama Dr. Richard Paulson yang berasal dari American Society for Reproductive Medicine menyebutkan bahwa hal ini ternyata bisa saja terjadi di masa depan. Hal ini disebabkan oleh perkembangan teknologi di dunia kedokteran yang luar biasa, khususnya dalam hal transplantasi rahim.

doktersehat-testpack-tes-kehamilan

Belakangan ini, terdengar kabar bahwa ada wanita yang berhasil melakukan transplantasi rahim sehingga bisa mendapatkan kehamilan. Hal ini ternyata juga memungkinkan untuk dilakukan pada pria, khususnya bagi mereka yang melakukan operasi pergantian jenis kelamin atau transgender. Tak hanya mengganti kelaminnya menjadi wanita saja, mereka juga bisa mempertimbangkan operasi transplantasi rahim sehingga bisa mendapatkan bayi mereka sendiri.

Saat menghadiri pertemuan American Society for Reprod yang diadakan setiap tahun di San Antonio, Texas, Amerika Serikat, Dr. Paulson menyebutkan bahwa meskipun pria dan wanita memiliki bentuk pelvis yang berbeda, masih ada ruangan di tubuh pria untuk menanam rahim. Memang, hal ini akan memerlukan proses yang sangat rumit dan bisa saja membuat para wanita transgender ini melakukan operasi Caesar untuk melahirkan nantinya, namun, mereka juga akan mendapatkan terapi hormon yang akan membuat tubuh mengalami perubahan layaknya yang terjadi pada ibu hamil.

Hingga saat ini, transplantasi rahim masih termasuk dalam prosedur eksperimental. Sebagian pakar kesehatan, khususnya yang berasal dari Inggris bahkan memperingatkan bahwa hal ini bisa memberikan resiko besar bagi janin. Hanya saja, sejak tahun 2014 lalu, sudah ada 5 bayi yang dilahirkan dari wanita yang melakukan transpartasi rahim di Swedia. Tahun depan, Dr. Richard Smirth dari Imperial College London, Inggris akan melakukan prosedur transplantasi rahim untuk pertama kalinya di Negeri Ratu Elizabeth tersebut.