Di Masa Depan, Cokelat Bisa Menjadi Pencegah Kanker

DokterSehat.Com – Salah satu makanan yang disukai oleh banyak orang di seluruh dunia adalah cokelat. Makanan yang terasa manis ini bisa membuat pikiran kita menjadi lebih tenang setelah mengkonsumsinya. Sayangnya, cukup banyak orang yang menganggap cokelat sebagai makanan yang kurang sehat bagi tubuh dan bisa meningkatkan berat badan atau menimbulkan jerawat. Padahal, sudah banyak penelitian yang menyebutkan jika cokelat memiliki cukup banyak manfaat bagi kesehatan kita.

doktersehat-cokelat

Pakar kesehatan menyebutkan jika di dalam biji kakao, bahan dasar dari cokelat, ternyata ada kandungan polifenol yang sangat tinggi. Kandungan polifenol ini adalah semacam antioksidan yang bisa menjadi pencegah kanker atau penyakit jantung dengan sangat efektif. Sayangnya, pada saat proses pembuatan biji kakao menjadi cokelat ini, terjadi transformasi yang cukup banyak sehingga kandungan polifenol ini akhirnya banyak yang menghilang.

Melihat adanya fakta ini, pakar kesehatan yang berasal dari seluruh dunia pun mencoba untuk menciptakan cokelat tanpa harus menghilangkan nutrisi-nutrisi yang penting bagi kesehatan di dalamnya. Di dalam konferensi ilmuwan American Chemical Society yang dilakukan di Denver, Amerika Serikat, sekelompok ilmuwan diketahui memaparkan sebuah ide menarik untuk membuat cokelat yang tetap terasa nikmat namun tidak kehilangan manfaat kesehatannya. Caranya? Ada sebuah langkah baru yang bisa diterapkan dalam proses pembuatan cokelat yang bisa membuat kandungan antioksidan yang ada pada biji kakao tidak menghilang dan tetap bisa kita nikmati dalam cokelat yang lezat.

Proses menjaga kandungan antioksidan ini adalah dengan menyimpan biji kakao hingga tujuh hari setelah dipetik hingga nantinya baru difermentasikan dan dikeringkan. Dengan melakukan hal ini, maka biji kakao bisa menjaga kandungan antioksidannya menjadi lebih baik meskipun melalui proses pembuatan cokelat yang sangat rumit. Hanya saja, ada baiknya di dalam proses pembuatan cokelat ini, biji kakao dan bahan-bahan lainnya harus dipanggang dengan suhu yang lebih rendah dan waktu yang lebih lama.

Baca Juga:  Cokelat Hitam, Makanan Nikmat yang Mampu Melawan Penyakit Kardiovaskular

Dengan adanya cara baru dalam membuat cokelat ini, diharapkan cokelat di masa depan bisa menjadi makanan yang nikmat sekaligus mampu mencegah penyakit berbahaya layaknya kanker yang sangat efektif.