Di Lampung, Diduga Ada Dua Orang yang Terkena Flu Burung

DokterSehat.Com – Dinas Kesehatan dari Provinsi Lampung baru-baru ini mengkonfirmasikan sebuah berita yang cukup mengejutkan dunia kesehatan tanah air. Berita ini adalah tentang adanya dua orang yang diduga terinfeksi virus flu burung. Sejauh ini, kedua pasien ini masih dirawat secara intensif di Rumah Sakit Umum Daerah Abdul Moeloek yang berada di Bandar Lampung. Seperti apakah kondisi para pasien sekarang ini?

doktersehat-flu-burung-avian-influenza-h5n1

Perwakilan Humas Dinas Kesehatan Provinsi Lampung bernama Asih Hendrastuti menyebutkan jika kedua pasien yang diduga terkena virus flu burung ini berasal dari kota Bandar Lampung dan dari Kabupaten Lampung Tengah. Belakangan ini, pemeriksaan yang dilakukan oleh Litbangkes Kementerian Kesehatan RI menyatakan bahwa pasien yang berasal dari kota Bandar Lampung ternyata negatif terkena flu burung meskipun masih dalam perawatan dari pihak rumah sakit. Hal yang berbeda terjadi pada pasien yang berasal dari Kabupaten Lampung Tengah dimana pasien ini masih menjalani pemeriksaan dimana hasilnya baru akan dikirim ke Jakarta pada hari Senin, 22 Januari ini.

Kasus flu burung ini sebenarnya bukan yang pertama terjadi di Provinsi Lampung. Sebelumnya, kasus positif virus flu burung yang sedang menjadi perhatian banyak negara Asia Timur ini terakhir kali muncul pada tahun 2006. Selain itu, ada beberapa kasus yang juga dilaporkan di provinsi paling selatan dari Sumatera ini namun selalu dinyatakan negatif oleh Litbangkes Kementerian Kesehatan RI.

Asih berkata jika mengingat flu burung termasuk dalam penyakit yang cukup berbahaya, maka pihak Dinas Kesehatan pun akan segera bergerak cepat andai muncul laporan tentang penyakit ini. Dinas Kesehatan bahkan melakukan koordinasi langsung dengan Dinas Peternakan demi mempersiapkan berbagai hal yang dibutuhkan untuk menangani kasus ini dan sebisa mungkin mencegahnya agar tidak menjadi masalah kesehatan yang membuat masyarakat khawatir. Ia pun meminta segenap lapisan masyarakat untuk mewaspadai flu burung dan sebisa mungkin menjaga kebersihan lingkungan agar tidak mudah terkena penyakit ini.