Di Akhir Pekan, Mari Kita Bersihkan 4 Benda Paling Kotor di Dapur Ini

DokterSehat.Com – Tahukah anda jika dapur yang bersih bisa menentukan kesehatan satu keluarga? Jika kita membiarkan dapur berantakan dan kotor, maka dikhawatirkan dapur bisa menjadi sarang kuman yang bisa menyebabkan penyakit. Bagaimana tidak, kita mendapatkan makanan sehari-hari yang dimasak pada dapur yang kotor tersebut. Melihat adanya fakta ini, ada baiknya kita memaksimalkan waktu akhir pekan seperti sekarang ini untuk membersihkan dapur, khususnya pada 4 benda yang dianggap paling kotor pada ruangan ini.

doktersehat-dapur-bersih-bakteri

Kulkas
Menurut pakar kesehatan Jennifer Quinlan yang berasal dari Drexler University, kulkas yang kerap terlihat bersih ternyata bisa menjadi sarang kuman dan bakteri penyebar penyakit. Bagaimana tidak, di dalam kulkas kita kerap kali menyimpan berbagai bahan makanan layaknya daging, ikan, dan daging unggas secara sembarangan dan akhirnya memicu penyebaran bakteri pada berbagai bahan makanan atau minuman lainnya di kulkas. Karena alasan inilah, ada baiknya kita rutin membersihkan kulkas dan menata isinya dengan lebih baik. Tak hanya itu, pastikan untuk menjaga suhu kulkas lebih rendah dari 4 derajat Celcius demi menghambat perkembangan bakteri listeria.

Spon cuci
Quinlan menyebutkan bahwa 64 persen dari spons cuci yang ada di dapur ternyata mengandung banyak bakteri layaknya staph atau fecal coliform yang berbahaya bagi kesehatan. Demi menghindari paparan bakteri penyebab penyakit pada peralatan makan kita, ada baiknya kita sering mengganti spons atau kerap mencucinya dan kemudian memanaskannya dalam microwave agar bisa membunuh bakteri patogen di dalamnya.

Talenan
Alas potong di dapur ini bisa digunakan untuk memotong apa saja, baik itu daging mentah hingga sayuran. Karena alasan inilah ada baiknya kita selalu membersihkan talenan agar bisa terbebas dari berbagai bakteri penyebab penyakit.

Bak cuci piring
Banyak dari kita yang menganggap bak cuci piring sudah cukup bersih andai sudah dibilas dengan air saja. Padahal, sebuah penelitian menyebutkan bahwa 82 persen bak cuci ternyata memiliki bakteri berbahaya yang sebaiknya kita bersihkan secara rutin agar tidak menjadi sarang penyakit.