informasi kesehatan


Dextrocardia

Dextrocardia

            

DokterSehat.com – Dextrocardia adalah suatu kondisi dimana jantung terletak di sisi kanan dada bukannya kiri. Selama minggu-minggu awal kehamilan, jantung bayi berkembang. Kadang-kadang, karena alasan-alasan yang tidak jelas, hati berkembang di sisi kanan bukannya dada sebelah kiri.

Sebagian besar melibatkan cacat lainnya dari hati dan daerah perut. Jenis yang paling sederhana, salah satu jenis dextrocardia, adalah cermin hati normal. Biasanya dalam kasus ini, organ-organ perut dan paru-paru juga juga terbalik letaknya meskipun organ tersebut normal. Sebagai contoh, hati akan berada di sisi kiri, bukan kanan.

Beberapa orang dengan bayangan cermin dextrocardia punya masalah dengan bulu-bulu halus (silia) yang menyaring udara masuk ke hidung dan saluran udara. Kondisi ini disebut sindrom Kartagener.

Penyebab :

Hal ini dapat terjadi pada saat lahir (kongenital) atau disebabkan oleh penyakit atau pembedahan.

Gejala :

Tidak ada gejala dextrocardia jika jantung normal. Kondisi yang mungkin termasuk dextrocardia dapat menyebabkan gejala berikut:

  • Kulit kebiruan
  • Kesulitan bernapas
  • Kegagalan untuk tumbuh dan bertambah berat badan
  • Kelelahan
  • Penyakit kuning (kulit dan mata kuning)
  • Kulit pucat
  • Infeksi paru-paru

Pengobatan :

Dextrocardia lengkap tanpa cacat jantung tidak memerlukan pengobatan. Hal ini penting, Namun, untuk membiarkan anak dengan penyedia layanan kesehatan tahu hati adalah di sisi kanan dada. Pengobatan untuk kondisi yang mencakup dextrocardia tergantung pada apakah bayi memiliki jantung lainnya atau masalah fisik selain dextrocardia.

Jika terjadi cacat jantung berupa dextrocardia, bayi kemungkinan besar akan dioperasi. Sedangkan sakit kritis bayi memerlukan pengobatan dengan obat-obatan sebelum operasi. Obat-obat ini membantu bayi tumbuh lebih kuat sehingga memungkinkan untuk dioperasi.

Sumber : detikhealth.com

pf button both Dextrocardia


 
                     

 

Berikan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

2 Responses to “Dextrocardia”

  1. mutia ariska says:

    makasih yaa dok,, ini juga sebuah bacaan untuk menambah pengetahuan

    Like or Dislike: Thumb up 0 Thumb down 0