Detoks Alamiah Yang Bisa Kita Lakukan Dengan Mudah

DokterSehat.Com – Tanpa kita sadari, gaya hidup modern ternyata membuat tubuh kita kerap diserang berbagai radikal bebas. Sebagai contoh, setiap hari kita harus menerjang udara kotor untuk mencapai tempat kerja atau tempat lain. Udara yang dipenuhi asap emisi kendaraan, debu, hingga asap industri yang dikombinasikan dengan stress dan tekanan pekerjaan bisa membuat tubuh kita dimasuki berbagai macam racun yang berpotensi menyebabkan berbagai macam penyakit. Sebelum racun-racun ini semakin menumpuk dan memicu masalah kesehatan, ada baiknya kita melakukan detoks alamiah, khususnya pada organ pencernaan selama beberapa kali dalam setahun seperti sebagai berikut.

doktersehat-minum-air-putih-olahrag

Cara detoks alamiah pertama yang bisa kita lakukan adalah dengan banyak mengkonsumsi air putih setiap hari. Dengan asupan air putih yang cukup, organ layaknya hati, ginjal, usus, hingga kelenjar betah gening bisa dibersihkan dengan lebih baik secara alamiah. Andai kita menambah asupan air putih dengan konsumsi teh yang kaya akan antioksidan, maka proses detoksifikasi pun akan bisa berlangsung dengan lebih baik.

Cara detoks alamiah berikutnya yang bisa kita lakukan pada organ pencernaan adalah dengan mulai memperbanyak konsumsi makanan berwarna hijau layaknya sayuran. Selain itu, buah-buahan dan juga rempah alami juga cukup disarankan untuk dikonsumsi agar proses detoks alami tubuh bisa berlangsung dengan baik. Selain itu, cobalah untuk mulai membatasi asupan kalori setiap hari hingga sekitar 1400 hingga 1600 kalori setiap hari. Dengan asupan kalori yang lebih seimbang, tubuh pun akan  terasa jauh lebih nyaman dan sehat.

Proses detoksifikasi alamiah juga bisa dilakukan dengan untuk sementara menghindari makanan yang kurang sehat layaknya daging kaya lemak, gula putih, beras putih, tepung putih, atau bahkan minuman bersoda. Andai anda merokok atau mengkonsumsi alkohol, segera hentikanlah kebiasaan ini untuk kesehatan tubuh yang lebih baik. Selain itu, cobalah untuk mulai rutin melakukan latihan tubuh sehingga bisa memicu sirkulasi darah yang lebih baik dan akhirnya proses pembuangan racun secara alami dalam tubuh bisa terjadi dengan lebih baik.