Deteksi Penyebab Penyakit pada Kulit dan Jenisnya

DokterSehat.Com – Penyakit kulit adalah penyakit infeksi yang umum, terjadi pada orang orang dari segala usia. Gangguan pada kulit sering terjadi karena ada faktor peyebabnya, Antara lain yaitu iklim, lingkungan, tempat tinggal, kebiasaan hidup kurang sehat, alergi dan lain lain.



Penyakit pada kulit memang memiliki penyebab yang beragam, dari masalah lingkungan hingga alergi. Karena penyebab yang beragam inilah warga diharapkan mengerti dan memahaminya secara detail. Agar jumlah penderita penyakit kulit bisa dikurangi secara bertahap. Tentang penyebab dari penyakit kulit ini secara detail akan dibahas dalam artikel ini. Simak.

Secara umum, penyebab penyakit kulit ini terbagi menjadi 3 pilar utama, yakni alergi, lingkungan, dan keturunan. Kemudian, penyebab penyakit kulit secara khusus dapat dijabarkan masing-masing menurut penyakit kulitnya.

Berikut 3 penyebab umum dari penyakit kulit :

  1. Alergi
    Penyakit kulit bisa datang akibat alergi yang diderita oleh penderita. Biasanya, alergi ini berhubungan dengan makanan seperti kacang-kacangan dan seafood. Jika Anda pernah melihat ada kawan atau saudara yang merasa gatal setelah makan-makanan laut, maka ini adalah salah satu tanda alergi. Dalam beberapa kasus, alergi yang akut bahkan dapat menyebabkan mata merah, hidung gatal, dan anggota tubuh lain pun ikut gatal. Saat hal ini terjadi, tidak seharusnya penderita khawatir, tetap tenang dan coba minum kelapa hijau untuk mengeluarkan alerginya. Pun demikian, penyakit kulit akibat alergi ini bisa dihindarkan asalkan penderita tidak mengonsumsi makanan yang menjadi pantangannya.
  1. Lingkungan
    Penyakit pada kulit ini juga bisa disebabkan oleh lingkungan. Dalam hal ini, lingkungan yang kotor menjadi penyebab utama. Mereka yang tinggal di kawasan rawa-rawa, sungai yang kotor, dekat pembuangan sampah, dan yang lainnya memiliki risiko untuk terkena penyakit kulit. Biasanya, jenis penyakit kulit yang diderita adalah;
  • Kurap dan kadas, kutu air, dan penyakit kulit lainnya.
    Penyakit yang berkenaan dengan lingkungan ini biasanya disebabkan oleh jamur. Sebagaimana diketahui, infeksi jamur pada kulit memang tidak bisa dilihat dengan kasat mata. Oleh karena itu, tindakan pencegahan yang bisa dilakukan adalah dengan menjaga kebersihan diri dengan sebaik-baiknya. Mencuci muka, mencuci tangan sebelum makan, mencuci kaki, dan menjaga kebersihan seluruh anggota tubuh adalah tindakan yang mudah dilakukan tetapi sering diabaikan. Hal ini penting dilakukan mengingat penyakit kulit mudah sekali untuk ditularkan. Kudis misalnya, penyakit ini bisa ditularkan dalam satu anggota keluarga dengan pemakaian handuk bersama-sama.
  1. Faktor keturunan
    Penyebab terakhir adalah adanya faktor keturunan. Penyakit kulit yang diderita oleh nenek, kakek, ibu, atau ayah biasanya akan diderita oleh anak atau cucunya. Penyakit kadas misalnya, seorang ibu yang memiliki dua anak dengan penyakit kadas. Bisa jadi, sebelumnya sang ibu juga pernah menderita penyakit pada kulit yang sama. Bahkan dalam beberapa kasus ditemukan bahwa seorang yang memiliki jerawat membandel, ternyata memiliki keturunan yang memiliki jerawat pula. Untuk penyebab penyakit kulit yang terakhir ini memang tidak bisa dihindari. Tapi paling tidak, Anda bisa merawat kulit Anda dengan baik agar dapat terhindar dari penyakit kulit.