Deteksi Buta Warna Sejak Dini Pada Anak

DokterSehat.Com – Buta warna perlu dideteksi sejak dini, agar orang tua bisa mengarahkan anak untuk pemilihan karirnya kelak.



Menurut dr. Setyowati Suhardjono, Sp.M, buta warna adalah ketidakmampuan melihat warna-warna tertentu. Sementara penglihatan normal memiliki tiga sub sistem, yaitu pembeda terang-gelap, kuning-biru, serta merah-hijau. Buta warna terjadi karena kekurangan pada satu atau dua sub sistem tersebut.

Lebih jelasnya, ujar Wati, sapaan akrab ahli mata ini, buta warna diakibatkan terjadi kerusakan atau kelainan pada sel-sel kerucut yang terdapat pada retina sentral. Selain sel-sel kerucut, retina mata memiliki sel-sel berbentuk batang. Sel-sel kerucut sendiri terdiri dari tiga macam, yakni sel kerucut untuk warna merah, warna biru, dan warna hijau

Anak yang mengalami buta warna bisa diketahui dengan mengetesnya mengenali warna. Anak yang mengalami buta warna parah hanya akan mengetahui dua warna saja, yaitu hitam dan putih. Orang tua harus mengetahui dan menanyakan hal ini kepada anaknya sejak dini agar buta warna dapat dideteksi sejak dini.

Vitamin yang dibtuhkan untuk kebaikan mata

Manusia membutuhkan banyak vitamin yang dapat menjaga kesehatannya. Untuk kesehatan mata, beberapa vitamin yang dibutuhkan terutama adalah vitamin A, dan vitamin C. Anak yang kekurangan vitamin A memiliki resiko menderita rabun senja, yaitu dimana anak tidak bisa melihat pada waktu senja menjelang malam. Ini sangat berbahaya jika anak harus beraktivitas di malam hari.

Deteksi buta warna sejak dini bisa dilakukan dengan mengetahui apakah anak kekurangan vitamin atau tidak. Kekurangan vitamin C bisa menyebabkan katarak mata. Kebutuhan manusia akan vitamin harus dipenuhi. Banyak sekali jenis makanan yang mengandung vitamin, biasanya vitamin banyak tekandung dalam buah-buahan dan sayur-sayuran. Vitamin A banyak dikandung dalam buah dan sayur seperti wortel, tomat, dan lainnya. Buah yang banyak mengandung vitamin C adalah jeruk. Penuhilah kebutuhan vitamin pada anak anda agar anak anda terhindar dari penyakit mata.

Baca Juga:  Tips Kesehatan Pengguna Komputer

Penyakit mata yang sering menjangkiti anak

Banyak sekali jenis penyakit mata yang biasa diderita anak, misalnya katarak, buta warna, bahkan sampai kanker mata. Beberapa ciri dan gejala penyakit mata ini sebaiknya diketahui betul oleh orang tua, sehingga dapat dideteksi sedini mungkin dan anak akan mendapatkan penanganan lebih dini. Beberapa penyakit mata seperti kanker mata bisa disembuhkan dengan pengobatan sedini mungkin. Lakukanlah pengecekan ke dokter untuk mengetahui secara jelas apa yang diderita anak. Deteksi buta warna sejak dini pada anak adalah hal yang harus anda lakukan.