Depresi Pospartum

DokterSehat.Com– Depresi Pospartum merupakan masalah serius yang terjadi pada beberapa bulan setelah ibu melahirkan anak. Biasanya terjadi 6-12 bulan setelah melahirkan.  Depresi Pospartum menyebabkan penderitanya merasa sangat sedih, hilang pengharapan, dan merasa tidak berharga. Hal ini mempengaruhi bagaimana ibu merawat bayinya.

doktersehat-hamil-pusing-Preeklamsia

Penyebab
Faktor penyebab gangguan mental ini antara lain perubahan tingkat hormon setelah mengandung. Faktor lain yang berpengaruh antara lain, depresi saat mengandung, kurang dukungan dari orang terdekat, sakit, atau tekanan hidup.

Gejala
Gejala dari gangguan ini diketahui dari tabiat penderita. Antara lain, kelelahan, perubahan mood, gangguan nafsu makan, gangguan tidur, tidak mau berhubungan dengan orang lain, tidak mencintai bayinya, ingin menyakiti bayi atau dirinya sendiri atau keduanya.

Pengobatan
Depresi postpartum dapat ditangani dengan konseling dan obat antidepresan. Dukungan dan perhatian dari orang terdekat (suami, keluarga, dan teman) sangat membantu pemulihan mental penderita gangguan ini.