Depresi Bisa Memicu Penuaan Dini

DokterSehat.Com -Kita tentu telah sering mendengar betapa buruknya efek dari pikiran yang negatif. Stress atau bahkan depresi ternyata bisa secara tidak langsung memperburuk kondisi kesehatan fisik. Beberapa jenis penyakit berbahaya bahkan diklaim bisa disebabkan oleh adanya pola pikiran yang negatif terus menerus melanda penderitanya. Tahukah anda, sebuah penelitian bahkan menunjukkan jika seseorang mengalami depresi, maka Ia akan memiliki kemungkinan besar mengalami penuaan dini. Bagaimana hal ini bisa terjadi?

doktersehat-konsultasi-Limfadenopati

Sebuah penelitian yang dilangsungkan di Belanda dilakukan dengan melibatkan 2.400 orang partisipan, baik yang memiliki depresi maupun yang masih dalam kondisi sehat. Penelitian ini mempelajari struktur sel yang disebut telomer, sebuah struktur sel yang melindungi sel DNA dari berbagai kerusakan. Peneliti meyakini bahwa telomer yang dimiliki oleh penderita depresi ternyata jauh lebih pendek jika dibandingkan dengan mereka yang biasa-biasa saja. Yang unik adalah, jika seseorang yang masih normal dan tidak mengalami depresi, maka pasangan basa pada telomer sejumlah 14 hingga 20 akan menghilang setiap tahunnya. Sayangnya, bagi penderita depresi, kehilangan pasangan basa ini bisa menjadi lebih besar sehingga mereka akan cendeurng terlihat lebih tua empat atau enam tahun.

Depresi secara umum memang akan menurunkan kesehatan fisik. Selain bisa membuat keseimbangan hormon menjadi lebih kacau, depresi juga bisa memicu perubahan kerja pada saraf dan juga menurunkan sistem kekebalan tubuh secara masif. Seorang pakar kesehatan dari VU University Medical Center di Amsterdam, Belanda, bahkan menggap jika seseorang yang terkena depresi akan membuat tubuhnya layaknya mesin yang mudah mengalami aus sehingga tubuhnya pun akan mengalami penuaan biologis yang sangat cepat dan tidak seperti biasanya.

Baca Juga:  Bahan Alami Untuk Mengobati Batuk Berdahak

Untuk menghindari masalah penuaan dini ini, pakar kesehatan pun menyebutkan jika penderita depresi harus mulai mempertimbangkan beberapa pengobatan layaknya konsultasi dengan psikolog yang bisa meredakan masalah psikisnya sekaligus membuat resiko terkena penuaan dini menjadi lebih rendah. Selain itu, jangan lupakan peran pola makan yang sehat dan olahraga secara rutin yang dikenal luas mampu membuat rasa segar dan tenang pada pikiran.