Depresi Bisa Diatasi Dengan Mengkonsumsi Sayuran Hijau

DokterSehat.Com – Pakar kesehatan menyebutkan jika masyarakat modern memiliki resiko lebih besar untuk mengalami stress, depresi, atau bahkan rasa lelah yang berlebihan karena begitu banyaknya kesibukan dan tuntutan harian yang harus mereka lakukan setiap hari. Jika hal ini dibiarkan begitu saja, ditakutkan kita akan mengalami masalah kesehatan yang lebih besar mengingat kesehatan psikologis ternyata juga ikut berperan dalam menumbuhkan berbagai penyakit berbahaya layaknya kanker atau bahkan penyakit jantung. Lantas, adakah cara untuk mengatasi rasa depresi atau stress ini?

doktersehat-bayam

Tak perlu menghabiskan waktu atau uang banyak demi berlibur. Pakar kesehatan menyebutkan jika mengatasi depresi ternyata juga bisa dilakukan dengan hal yang sederhana. Mulailah saja dari dapur kita. Dari sebuah penelitian yang dilakukan di Carnegie Mellon University, disebutkan bahwa mereka yang rutin mengkonsumsi sayuran hijau dan buah-buahan ternyata akan mampu mengatasi berbagai penyakit dan masalah kesehatan layaknya tingginya kadar kolesterol hingga tekanan darah. Yang menarik, mereka yang memiliki kadar kolesterol tinggi ternyata rentan mengalami depresi dan juga beresiko tinggi mendapatkan penyakit berbahaya layaknya penyakit jantung, obesitas, hingga pembekuan pada jaringan sel otak!

Dengan banyak mengkonsumsi sayuran hijau setiap hari, ternyata kita bisa mendapatkan sistem imunitas tubuh yang jauh lebih baik dan berpotensi menurunkan resiko depresi hingga 62 persen. Dari penelitian ini, ditemukan fakta bahwa kandungan nutrisi dan berbagai vitamin ternyata akan membawa kebaikan bagi sistem saraf otak. Selain itu, kandungan antioksidan yang cukup tinggi juga akan membuat kita terbebas dari resiko depresi. Menurut para peneliti, adanya antioksidan ini membuat kita bisa mengusir pikiran-pikiran negatif, virus, hingga bakteri jahat yang ternyata juga ikut berperan besar dalam menyebabkan depresi.

Baca Juga:  Pembunuh Konsentrasi Tersering dan Cara Mengatasinya - Lapar, Depresi, dan Obat

Dengan adanya fakta ini, ada baiknya kita kini lebih baik dalam menata menu harian dengan lebih memperbanyak asupan buah dan sayuran hijau yang sangat menyehatkan.