Dengan mengetahui Gejala Kanker Otak Mungkin Dapat Menyelamatkan Nyawan Anda

DokterSehat.Com – Kanker otak merupakan kemungkinan yang menakutkan bagi setiap orang. Rasanya mustahil Anda bisa mendapatkannya dan Anda pertama kali mengeluarkannya dari kemungkinan yang menjelaskan penglihatan terowongan yang muncul tiba-tiba, suara bergegas yang Anda dengar di kepala Anda, serta sakit kepala yang tidak bisa disembuhkan dengan aspirin. Tidak sampai Anda mengalami kejang yang pertama kali sehingga Anda yakin bahwa ada sesuatu yang lebih serius daripada stres dari kehidupan sehari-hari. Kejang merupakan gejala kanker otak yang sangat sugestif, namun itu bukanlah satu-satunya.



Sakit kepala yang tidak biasa pada umumnya merupakan gejala kanker otak yang muncul pertama kali. Ini merupakan sakit kepala yang kadang berdenyut-denyut dan tidak bisa diatasi dengan aspirin atau obat pereda sakit kepala lainnya yang dijual bebas. Jika itu adalah kanker otak, maka penyebab rasa sakitnya adalah tumor yang tumbuh di kepala Anda.

Seperti yang mungkin Anda perkirakan, gejala kanker otak memperlihatkan beberapa masalah dengan fungsi otak. Otak adalah prosesor pusat bagi tubuh, secara kompleks terkait dengan sensasi dan persepsi. Tumor otak yang baru dapat menyebabkan masalah penglihatan, obfuskasi pendengaran, dan bahkan kesulitan membaui dan merasa. Masalah penglihatan umum yang disebabkan oleh tumor otak disebut dengan hemianopia. Dalam kondisi ini, lima puluh persen dari penglihatan Anda hilang. Dunia visual terlihat seperti terowongan.

Otak manusia merupakan kursi akal, berpikir, dan persepsi. Gejala kanker otak akan terlihat dalam fungsi-fungsi ini. Anda bisa mendapati diri Anda tidak dapat mengingat sesuatu yang baru saja Anda alami, ingatan jangka pendek bisa diakibatkan oleh tumor otak yang bersifat kanker. Anda mungkin memiliki masalah untuk memecahkan masalah pada hal-hal yang sebelumnya sama sekali tidak pernah bermasalah bagi Anda. Gangguan pada pikiran normal akan membingungkan Anda. Setiap masalah berpikir akan segera mengirim Anda ke dokter, tapi banyak orang takut mereka akan menjadi gila dan tidak mencari bantuan secepatnya. Orang-orang yang lebih tua cenderung berpikir bahwa kebingungan mereka merupakan perkembangan alami seiring usia mereka yang menua, dan menerima kondisi tersebut sebagai kondisi yang tak bisa dihindari. Meskipun jika masalahnya terkait dengan usia, Anda seharusnya jangan ragu untuk menemui dokter. (Pengobatan untuk Alzheimer juga tersedia).

Baca Juga:  Fakta Unik Tentang Otak Manusia

Jika Anda memiliki kesulitan untuk berpikir lurus, Anda jangan heran jika Anda juga kesulitan untuk menerjemahkan pikiran ke dalam kata-kata. Permasalahan bicara adalah salah satu gejala tipikal kanker otak.

Otak berhubungan dengan keseluruhan tubuh, dan jika Anda memiliki tumor otak yang bersifat kanker maka tubuh Anda akan menunjukkannya, mungkin ditunjukkan sebagai keletihan biasa, masalah keseimbangan dan pergerakan, dan bahkan kelumpuhan parsial.

Walaupun kita cenderung berpikir bahwa emosi berasal dari hati atau perut, otak memainkan peranan penting dalam emosi/ perasaan kita. Tumor kanker otak mempengaruhi emosi, suasana hati, dorongan seksual kita. Jika Anda mendapati diri Anda tidak biasanya moody (berubah-ubah suasana hati), mudah berubah pendirian, atau depresi, masalahnya mungkin bukan psikologis, tumor otak bisa jadi penyebabnya. Jangan hapus kemungkinan bahwa Anda mungkin sedang mengalami gejala kanker otak.

Tidak semua gejala ini muncul dengan tumor otak. Gejala kanker otak tergantung pada lokasi tumor. Otak bekerja sebagai keseluruhan, tetapi juga memiliki bagian yang mengkhususkan diri. Kita memiliki pusat-pusat untuk berpikir, untuk merasakan, pusat visual, pusat emosi, gerakan, koordinasi dan keseimbangan, kesadaran tubuh, ucapan, pendengaran, ingatan, tekanan dan sentuhan, dan pernapasan. Sebuah tumor otak bersifat kanker mungkin muncul di dalam salah satu dari wilayah ini dan berdasarkan dari tekanan yang diakibatkannya dapat mempengaruhi fungsi daerah tersebut.

Untungnya, tumor otak relatif jarang terjadi. Setiap tahun, sekitar 22.000 orang didiagnosis dengan tumor otak. Tumor datang dalam berbagai jenis, dari tumor yang mungkin tidak memerlukan pengobatan sama sekali seperti tumor meningioma jinak, sampai jenis tumor yang mungkin memerlukan operasi segera seperti glioblastomas ganas. Mereka dapat diidentifikasi dengan scan MRI dan diverifikasi dengan biopsi. Meskipun banyak kasus yang fatal, pengobatan telah meningkat ke titik yang jika tertangkap awal, kematian bisa dihindari. Jangan ragu untuk menemui dokter jika Anda curiga Anda memiliki gejala-gejala kanker otak. Semakin cepat ditemukan, semakin besar kemungkinan Anda dapat bertahan hidup.