Dengan Membawa Ponsel Saat Berolahraga, Kita Semakin Rentan Cedera

DokterSehat.Com – Banyak orang yang kini merasa ada yang kurang lengkap andai berolahraga tanpa memakai ponsel. Selain bisa membuat mereka melakukan swafoto yang diunggah ke media sosial, ponsel juga menyediakan berbagai aplikasi kebugaran yang bisa membantu kita melihat dan mengukur aktifitas olahraga yang baru dilakukan. Sayangnya, dibalik berbagai manfaat yang bisa didapatkan dari penggunaan ponsel saat berolahraga, pakar kesehatan menyebutkan jika hal ini justru akan membuat olahraga menjadi kurang maksimal.

doktersehat-lari-jogging-olahraga

Fakta ini didapatkan dari hasil penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal Computers in Human Behaviour and Performance Enchantment and Health. Penelitian yang dilakukan oleh pakar olahraga Michael Rebold, PhD ini menyebutkan jika ponsel akan membuat postur tubuh memburuk, khususnya dalam hal keseimbangan saat berolahraga. Rebold berkata jika tanpa kita sadari, saat menggunakan ponsel untuk berkirim pesan atau melakukan panggilan sembari berjalan, maka perhatian kita sudah terpecah dan hal ini berpengaruh besar pada stabilitas postur tubuh dan keseimbangan.

Dalam penelitian ini, Rebold melibatkan 45 mahasiswa yang berolahraga sambil menggunakan ponsel. Diketahui bahwa kelompok mahasiswa yang menggunakan ponsel untuk berkirim pesan akan mengalami penurunan stabilitas postural hingga 45 persen dan kelompok mahasiswa yang menggunakan ponsel untuk menelepon mengalami penurunan stabilitas postural hingga 19 persen jika dibandingkan dengan mereka yang tidak menggunakannya saat berolahraga.

Karena stabilitas postur menurun, maka hal ini bisa berdampak besar pada tulang dan otot. Kita pun akan beresiko tinggi mengalami cedera baik itu karena terlepeset atau salah melakukan gerakan mengingat perhatian kita tak lagi fokus pada gerakan berolahraga. Selain itu, pecahnya konsentrasi juga akan membuat intensitas berolahraga cenderung menurun.

Lantas, apakah kita sebaiknya tidak menggunakan ponsel sama sekali saat berolahraga? Rebold ternyata menyebutkan jika asalkan kita hanya menggunakan ponsel untuk mendengarkan musik saja selama berolahraga, maka hal ini tidak akan berpengaruh besar bagi postur tubuh sehingga tidak akan meningkatkan resiko cedera.