Demi Mengurangi Ibu Hamil Yang Merokok, RS di Perancis Menawarkan Voucher

DokterSehat.Com – Merokok ternyata tidak hanya menjadi masalah yang dihadapi oleh negara-negara berkembang seperti Indonesia. Di Perancis sendiri, ternyata ditemukan fakta mengejutkan dimana banyak kaum hawa yang memiliki hobi merokok. Yang menjadi masalah adalah, para wanita ini tetap merokok meskipun mereka berada dalam kondisi hamil. Melihat adanya fakta ini, Pemerintah Perancis pun mencoba mencari solusi agar para wanita hamil ini bisa berhenti merokok demi kesehatan bayi yang ada dalam kandungannya. Solusi yang ditawarkan pun cukup menarik yakni dengan mengimingi para wanita hamil ini voucher atau insentif uang bagi mereka yang mau berhenti merokok.

doktersehat-wanita-perokok-pendarahan-otak-permen-karet-nikotin

Beberapa rumah sakit yang ada di Paris, ibukota Perancis mulai mengadakan pemberian voucher dengan nilai 20 Euro atau sekitar Rp 300.000 bagi para wanita hamil untuk berhenti merokok. Tidak hanya sekali, namun, voucher ini akan diberikan beberapa kali dan jika dikumpulkan, jumlahnya bahkan bisa mencapai 300 Euro atau Rp 4.500.000! Selain diharapkan mampu membuat para wanita hamil ini menghentikan kebiasaan buruknya, pakar kesehatan dari National Cancer Institure, Paris, juga mengungkapkan jika hal ini bisa dijadikan ajang studi untuk mempelajari apakah ibu hamil di Perancis akan rela menghentikan kebiasaan buruk merokok jika diberi voucher berupa uang ini.

Kementerian Kesehatan Perancis, Marisol Touraine, mengungkapkan bahwa data ibu hamil yang tetap merokok ternyata sangat tinggi di Perancis, yakni mencapai 1/5 dari jumlah total wanitanya. Data yang diambil pada tahun 2015 ini sendiri menunjukkan fakta bahwa ibu hamil perokok di Perancis adalah yang terbanyak di Eropa. Karena adanya fakta ini, resiko ibu hamil mengalami masalah kehamilan atau bahkan kelahiran bayi secara prematur dan sangat tidak sehat pun sangat tinggi.

Baca Juga:  Cuaca Tidak Selalu Menjadi Penyebab Turunnya Daya Tahan Tubuh

Ide memberikan voucher bagi ibu hamil agar berhenti merokok ini sendiri mirip dengan yang dilakukan pemerintah Ohio, Amerika Serikat, dimana ibu hamil perokok yang mau berhenti merokok akan mendapatkan popok gratis bagi bayinya.