Demi Mencegah Dehidrasi, Kita Harus Memperhatikan Konsumsi Air Minum di Dalam Pesawat

DokterSehat.Com – Belakangan ini traveling ke berbagai tempat seakan-akan telah menjadi trend yang dilakukan oleh banyak orang, khususnya anak muda. Berbagai tempat yang jauh dan harus menempuh perjalanan melalui pesawat dalam waktu yang lama bahkan rela untuk dilakukan demi mendapatkan kepuasan batin bisa melihat tempat dan budaya yang baru. Hanya saja, perjalanan di pesawat bisa membuat kita merasa bosan sekaligus mengalami dehidrasi yang cukup parah. Pakar kesehatan Clayton Cowl, M.D, dari Mayo Clinic menyebutkan jika kabin pesawat adalah salah satu satu tempat yang paling kering di seluruh dunia dan bisa memicu dehidrasi andai kita tida mencukupi asupan air minum. Lantas, seberapa banyak air minum yang bisa kita konsumsi andai tidak ingin terkena dehidrasi?

doktersehat-air-minum-pesawat

Andai kita melakukan perjalanan pesawat yang sangat panjang, Cowl menyarankan kita untuk meminum air setidaknya delapan ons setiap jamnya. Semakin lama perjalanan, semakin mudah kita terkena dehidrasi. Namun, jika penerbangan hanya memakan tiga atau empat jam, maka hal ini tidak akan menjadi masalah. Kita akan mendapatkan masalah jika penerbangan dilakukan antar benua dimana sebaiknya kita memang cukup banyak meminum air. Meskipun akan membuat kita cukup sering pergi ke toilet, namun setidaknya kita juga akan mendapatkan keuntungan berupa adanya peregangan pada tubuh alih-alih hanya duduk di kursi pesawat yang tentu akan membuat badan menjadi pegal-pegal.

Ada baiknya kita tida mengkonsumsi alkohol di dalam penerbangan mengingat kemampuan alkohol yang bisa memicu dehidrasi. Hanya saja, beberapa orang meminumnya di kelas penerbangan eksekutif sebagai pelayanan dari pesawat. Namun, ada baiknya kita tetap memenuhi kebutuhan air putih demi melawan efek dehidrasi dari alkohol tersebut.

Baca Juga:  Bahaya Kecanduan Film Porno Bisa Menyebabkan Gangguan Mental

Tahukah anda jika kabin pesawat yang baru cenderung memiliki kelembaban udara yang lebih baik dari kabin pesawat yang cukup lama? Beberapa kabin pesawat baru layaknya Dreamliner 787 atau Airbus A350 akan jauh lebih ramah bagi masalah dehidrasi kita. Namun, tentu saja akan jauh lebih baik bagi kita untuk tetap mengkonsumsi cukup banyak air agar tidak mengalami dehidrasi selama penerbangan panjang dengan pesawat.