Demam – Demam Viral dan Bakterial

Penyebab dan gejala yang berhubungan dan tanda demam pada orang dewasa dapat dipengaruhi oleh virus dan bakterial.

doktersehat-anak-kejang-demam-tifoid

Demam karena virus (Demam viral)
Demam viral adalah demam akibat virus. Penyakit yang disebabkan oleh virus adalah salah satu penyebab demam yang paling sering terjadi pada orang dewasa. Gejala umum bisa berupa pilek, sakit tenggorokan, batuk, suara serak, dan nyeri otot. Virus juga bisa menyebabkan diare, muntah, atau sakit perut.

Untuk sebagian besar, penyakit virus ini akan membaik seiring berjalannya waktu. Antibiotik tidak akan mengobati infeksi virus. Gejala bisa diobati dengan menggunakan dekongestan dan obat anti demam yang dibeli bebas di warung. Jika diare atau muntah terjadi, maka orang tersebut perlu lebih banyak minum cairan. Minuman berion akan membantu mengganti elektrolit yang hilang. Jika cairan terus hilang, maka perawatan medis harus dicari. Penyakit virus bisa bertahan selama satu sampai dua minggu.

Virus influenza adalah penyebab utama kematian dan penyakit serius pada orang tua. Gejalanya meliputi sakit kepala dan nyeri otot dan sendi, serta gejala virus umum lainnya, termasuk demam. Vaksin terhadap influenza musiman dan juga influenza H1N1 sudah tersedia. Selain itu, obat antivirus dapat diberikan untuk melawan virus influenza segera setelah gejalanya dimulai. Penyakit ini biasanya terjadi pada musim hujan atau peralihan musim kemarau ke musim hujan.

Demam bakterial
Penyakit bakteri yang menyebabkan demam dapat mempengaruhi hampir semua sistem organ dalam tubuh. Mereka bisa diobati dengan antibiotik.

Sistem saraf pusat (otak dan sumsum tulang belakang) dapat menyebabkan demam, sakit kepala, kaku pada leher, atau kebingungan. Seseorang mungkin merasa lesu dan mudah tersinggung, dan cahaya bisa mengganggu mata. Kondisi ini bisa mewakili meningitis atau infeksi otak, jadi orang dengan gejala ini harus segera mencari perawatan medis.

Baca Juga:  Demam - Kondisi Medis Khusus yang Menyebabkan Demam

Infeksi sistem pernapasan bagian bawah, termasuk pneumonia dan bronkitis, dapat menyebabkan demam. Gejalanya meliputi batuk, sulit bernafas, produksi lendir yang kental, dan terkadang nyeri dada.

Infeksi sistem pernapasan bagian atas terjadi di tenggorokan, telinga, hidung, dan sinus. Hidung yang meler, sakit kepala, batuk, atau sakit tenggorokan disertai demam dapat mengindikasikan adanya infeksi bakteri, namun infeksi virus adalah penyebab paling umum.