Demam Pada Anak Dan Disertai Mimisan Berbahayakah?

DokterSehat.Com – Kondisi demam pada anak dapat membuat setiap orang tua khawatir. Apalagi bila demam anak tidak dapat pulih dalam waktu lebih dari tiga hari. Kondisi demam yang dialami oleh anak anda sebaiknya mendapatkan pemeriksaan dokter. Sehingga dapat diketahui penyebab demam sebagai tanda adanya masalah kesehatan pada anak.

12

Berbeda dengan kondisi dimana anak mengalami demam yang disertai dengan tanda yang berbahaya yaitu ketika anak anda demam disertai dengan kejang atau demam anak anda yang disertai dengan mimisan, maka harus segera diperiksakan ke dokter meskipun belum tiga hari mengalami demam. Demam dengan kondisi mimisan bisa menjadi pertanda anak anda menderita penyakit tertentu, kondisi kesehatan dan pemeriksaan lanjut sangat diperlukan untuk mendiagnosa anak. Pada kesempatan kali ini kami akan membahas mengenai demam yang disertai mimisan pada anak.

Mimisan

Mimisan atau istilah kedokteran epikstasis merupakan kondisi dimana hidung anak mengeluarkan darah. Penyebab terjadinya mimisan beraneka ragam ada yang disebabkan karena perlukaan pembuluh darah pada hidung, mengalami spontan saat anak mengalami demam tinggi, udara yang terlalu kering atau panas atau mengalami benturan. Kondisi mimisan pada anak tidak selamanya membahayakan akan tetapi segera melakukan penanganan ke dokter apabila anak anda mengalami mimisan yang sering, tidak dapat teratasi dan kondisi anak anda sedang demam.

Anak demam dan mimisan

Mimisan pada anak tidak selamanya membahayakan apalagi bila anak anda mengalami fisik yang sehat. Mimisan yang dialami pada kondisi anak sehat disebabkan karena trauma pada bagian hidung dalam atau mengalami muktosa hidung yang kering hingga masuknya benda asing.

Berbeda lagi dengan anak yang mengalami mimisan ketika kondisi badan anak anda demam tinggi, anda harus melakukan antisipasi dan waspada.

Baca Juga:  Waspada Berbagai Gangguan Kesehatan Anak Yang Disebabkan Oleh Gadget

Ini dapat menjadi salah satu tanda yang membahayakan apabila kondisi anak anda demam dan mengalami mimisan, seperti berikut ini :

  • Mengalami benturan di wajah dan disertai nyeri dada atau denyut nadi menjadi berkurang, cepat lelah.
  • Anak merasa lemas dan pucat
  • Jumlah darah yang keluar sangat banyak
  • Anak anda mengalami sulit bernafas

Kondisi seperti inilah yang menjadi tanda bahwa anak anda yang mengalami mimisan menjadi berbahaya. Pada beberapa kasus anak yang mengalami demam tinggi dan mengalami mimisan dapat disebabkan karena penyakit seperti demam berdarah hingga penyakit leukemia.

Pertolongan pada anak yang mengalami mimisan

Anda tidak perlu panik ketika anak anda mengalami mimisan. Pertolongan pertama yang dapat dilakukan adalah dengan memposisikan kepala lebih tinggi seperti posisi setengah duduk atau posisi duduk kemudian setelah itu tekan tulang hidung anak anda selama 1 menit. Anda dapat pula menggunakan es batu untuk mengompresnya di arah tulang hidung. Pasangkan pula sumbat lubang hidung yang mengalami mimisan dengan menggunakan tissue atau kapas.

Meskipun bukan masalah yang besar apabila terjadi berulang dan sulit teratasi maka sebaiknya segera kunjungi dokter untuk berkonsultasi. Ciri mimisan yang menjadii tanda penyakit adalah mimisan yang sering terjadi pada anak, kondisi anak anda sedang demam tinggi dan sulit teratasi sehingga pemeriksaan dokter diperlukan untuk mengetahui keadaan anak. Pada saat anda anak mengalami mimisan, seringakali mengalami batuk yang mengeluarkan darah, kemungkinan besar dikarenakan darah yang ikut tertelan anda tidak perlu panik.