Anak Demam Boleh Makan Es Krim, Benarkah?

doktersehat demam makan es krim
Photo Credit: pexels.com

DokterSehat.Com– Siapa yang tidak suka es krim? Rasanya yang segar, teksturnya yang lembut membuat makanan satu ini digemari segala umur mulai dari anak-anak hingga dewasa. Saat anak sakit, banyak orang tua yang melarang anaknya untuk minum es krim. Namun benarkah es krim justru baik dikonsumsi bagi anak yang demam?

Manfaat memberikan es krim saat anak demam

Demam adalah kondisi dimana suhu tubuh lebih dari 37,5 derajat Celcius. Umumnya kondisi ini disebabkan oleh infeksi virus atau bakteri. Saat demam, makan es krim justru dapat memberikan manfaat, di antaranya:

1. Mencegah dehidrasi

Anak yang sedang demam membutuhkan banyak cairan sehingga terhindar dari dehidrasi. Es krim bisa jadi pilihan makanan bagi anak yang terkadang tidak mau minun air putih. Es krim mengandung sejumlah cairan yang dapat membantu mengisi cairan tubuh yang hilang selama demam. Namun pastikan Anda memiliih es krim yang sehat bagi anak-anak.

2. Menambah asupan kalori

Saat sakit, kadang anak menjadi tidak nafsu makan. Padahal anak tetap butuh makanan yang sehat untuk mempercepat proses kesembuhan. Jika anak Anda susah makan saat demam, Anda bisa memberinya es krim sebagai bantuan untuk memenuhi kebutuhan kalorinya.

3. Melegakan tenggorokan

Demam biasanya hadir dengan radang tenggorokan. Saat tenggorokan terasa tidak enak, makanan dan minuman yang dingin dapat membantu mengurangi rasa tidak nyaman tersebut.

Hal yang perlu diperhatikan sebelum memberikan es krim pada anak

Meskipun memiliki beberapa manfaat, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum memberikan es krim pada anak terutama saat anak demam, yaitu:

1. Pastikan anak boleh mengonsumsi es krim

Sebelum memberikan es krim untuk anak, tanyakan pada dokter apakah anak boleh mengonsumsi es krim. Jika dokter membolehkan, pastikan memberikan anak es krim dalam dosis yang cukup dan tidak berlebihan.

2. Pilih es krim yang sehat

Hindari es krim yang mengandung gula tinggi, dan pilihlah es krim yang rendah lemak. Perhatikan kebersihan kemasan dan cara pembuatan serta komposisinya.

3. Tetap beri anak makanan sehat dengan gizi berimbang

Bagaimana pun, anak Anda tetap membutuhkan makanan yang sehat untuk membantu proses pemulihan. Jika anak masih susah makan, Anda bisa memberi makanan alternatif seperti buah-buahan segar, agar-agar atau jus buah untuk membantu memenuhi kebutuhan gizinya.

ikuti-kontes-sehatitubaik-menangkan-berbagai-hadiah-menarik