Delapan Manfaat Diet Sayuran

DokterSehat.com – Mengatur pola makan dengan memperbanyak mengonsumsi sayuran memang diketahui sebagai cara hidup yang sehat. Bahkan walaupun hanya dikonsumsi sekali dalam seminggu. Berikut beberapa manfaat mengonsumsi sayuran seperti dilansir The Times of India:



1. Detoksifikasi
Sayuran seperti labu, bayam, atau kubis mengandung serat yang dapat mengeluarkan racun dari tubuh. Diet yang hanya dengan telur, ikan, dan daging domba tidak cukup memenuhi kebutuhan serat kita.

2. Agar tulang lebih kuat
Terlalu banyak mengonsumsi daging dapat mengakibatkan kadar protein berlebihan yang dapat mengganggu ginjal. Akibatnya, penyerapan kalsium terganggu dan memaksa tubuh mengambil kalsium dari tulang. Namun pada para vegetarian, hal ini jarang terjadi.

3. Cukup karbohidrat
Diet nonvegetarian dapat mengakibatkan kita kekurangan sumber karbohidrat. Kekurangan karbohidrat ini dapat memicu ketosis, di mana tubuh mulai menggunakan lemat (bukan karbohidrat) sebagai sumber energi.

4. Memudahkan pencernaan
Karbohidrat kompleks pada makanan vegetarian dicerna secara berangsur-angsur dan teratur sehingga menyediakan sumber glukosa tetap. Sebaliknya, daging yang kaya lemak dan protein sulit untuk dicerna.

5. Kulit sehat
Mengonsumsi sayuran dari akar tanaman seperti wortel dan lobak, tomat, serta labu dapat membersihkan noda di wajah. Selain itu, jambu klutuk, apel, pir, dan buah persik yang dimakan bersama dengan kulitnya, bisa menghasilkan kulit yang bersinar.

6. Mengatur berat badan
Menghindari daging adalah cara paling sederhana untuk mengurangi masukan lemak. Sebaliknya, memakan gandum, polong-polongan (buncis), sayuran, kacang-kacangan, dan buah-buahan bisa menurunkan kadar kolesterol, tekanan darah, dan obesitas.

7. Melindungi gigi
Gigi geraham kita lebih cocok mengunyah padi-padian dan sayuran dari pada memotong daging. Pencernaan dimulai dari air liur yang hanya bisa mencerna karbohidrat kompleks yang terdapat pada makanan dari tumbuhan.

Baca Juga:  Chikungunya

8. Sumber Phytonutrient
Diabetes, kanker, penyakit ginjal, stroke, dan tulang keropos bisa dicegah dengan asupan phytonutient atau nutrisi yang berfungsi mengaktifkan proses pembakaran lemak dalam tubuh, memperlambat proses penuaan dini, serta mengandung antioksidan. Bahan-bahan ini hanya terkandung di sayuran.(DIO)

 

Sumber : Kesehatan Liputan6