Dehidrasi Ternyata Tidak Hanya Membuat Kita Haus

DokterSehat.Com – Banyak orang yang berpikir jika dehidrasi hanya akan membuat kita merasa haus saja. Padahal, dehidrasi bisa menyebabkan masalah yang jauh lebih serius layaknya gangguan pada organ ginjal, meningkatnya kadar kolesterol, gangguan pencernaan, masalah kulit layaknya penuaan dini, rasa sakit pada persendian, atau bahkan asma. Karena alasan inilah ada baiknya kita menjaga asupan cairan tubuh kita setiap harinya.

doktersehat-dehidrasi-keringat

Memang dehidrasi bisa membuat kita merasa haus. Namun, sebenarnya ada beberapa tanda dari dehidrasi lainnya yang patut kita waspadai. Apa sajakah tanda-tanda dari dehidrasi tersebut?

Warna air seni menjadi kuning pekat
Pakar kesehatan menyebutkan jika warna air seni yang sudah cenderung kuning dan pekat, maka hal ini menandakan bahwa di dalam tubuh kita sudah ada cukup banyak kotoran yang belum bisa dikeluarkan. Greg Justice dari AYC Fitness dari Kansas City, Amerika Serikat, menyebutkan jika saat kita kekurangan cairan tubuh, maka kotoran-kotoran pada tubuh sulit untuk dikeluarkan dan akhirnya tubuh pun memberikan tanda tersebut pada air seni kita. Jika kita melihat air seni kita menjadi kuning pekat, ada baiknya kita segera minum air putih dalam jumlah yang cukup banyak demi mengembalikan lagi kelancaran sistem metabolisme pada tubuh.

Sembelit
Tanpa kita sadari, sembelit atau susah buang air besar ternyata juga menandakan bahwa tubuh sedang mengalami kekurangan cairan. Salah satu fungsi cairan di dalam tubuh ternyata adalah membantu proses pengeluaran sisa makanan dari usus. Jika jumlah cairan ini berkurang, maka pergerakan kotoran sisa makanan ini pun tentu akan terhambat.

Pusing
Saat tubuh secara bertahap kehilangan cairan, maka kandungan potassium dan garam juga ikut menghilang dari tubuh. Akibat dari hal ini, maka di dalam tubuh juga akan mengalami perubahan kimia dan akhirnya mempengaruhi kinerja otak. Alhasil, kita bisa dengan mudah mengalami sakit kepala. Justice berkata bahwa semaki banyak cairan yang hilang, maka volume darah juga akan semakin rendah dan hal ini akan memicu semakin sedikitnya pasokan oksigen menuju otak. Karena alasan inilah, cobalah untuk meminum air putih andai merasa pusing atau sakit kepala.