Dehidrasi pada Dewasa – Pengertian

Dehidrasi adalah suatu kondisi yang bisa terjadi bila kehilangan cairan tubuh melebihi jumlah yang diminum. Pada dehidrasi, lebih banyak air yang keluar dari sel individu dan kemudian keluar dari tubuh daripada jumlah air yang dikonsumsi melalui minum. Secara medis, dehidrasi biasanya berarti seseorang telah kehilangan cairan yang cukup sehingga tubuh mulai kehilangan kemampuannya untuk berfungsi normal dan kemudian mulai menghasilkan gejala yang berhubungan dengan kehilangan cairan. Meskipun bayi dan anak berisiko tinggi mengalami dehidrasi, banyak orang dewasa dan terutama lansia memiliki faktor risiko yang signifikan.

dehidrasi-doktersehat

Orang (dan hewan) kehilangan air setiap hari dalam bentuk uap air dalam nafas yang kita buang napas, dan seperti air dalam keringat, air kencing, dan kotoran kita. Seiring dengan air, sejumlah kecil garam atau elektrolit juga hilang. Tubuh kita terus-menerus menyesuaikan keseimbangan antara kehilangan air (dan garam atau elektrolit) dengan asupan cairan. Bila kita kehilangan terlalu banyak air, tubuh kita bisa menjadi tidak seimbang atau mengalami dehidrasi. Kebanyakan dokter membagi dehidrasi menjadi tiga tahap:

  1. Ringan
  2. Sedang
  3. Berat

Dehidrasi ringan dan bahkan dehidrasi sedang bisa dikembalikan ke keadaan seimbang dengan asupan cairan melalui minuman yang mengandung elektrolit (atau garam) yang hilang selama aktivitas berlangsung. Jika dehidrasi tidak dikenali dan tidak diobati, beberapa kasus dehidrasi sedang dan berat dapat menyebabkan kematian. Artikel ini dirancang untuk membahas dehidrasi pada orang dewasa.

Dynamic Picture of Rehydration

Dynamic Picture of Dehydration

Dehidrasi pada Dewasa – Halaman Selanjutnya: 1 2 3 4 5 6 7