Dehidrasi Bisa Menyebabkan Kram?

nyeri kaki-doktersehat-1024

DokterSehat.Com– Dehidrasi tak hanya akan membuat kita mengalami gejala seperti rasa haus atau sulit untuk berkonsentrasi. Banyak orang yang mengaku jika kekurangan asupan air putih bisa membuat mereka lebih rentan terkena kram, khususnya saat berolahraga.

Pakar kesehatan di bidang saraf bernama Michael Jaffee, M.D., dari University of Florida Health, Amerika Serikat, menyebutkan bahwa kram yag disebabkan oleh dehidrasi bisa muncul hingga sekitar 9 menit. Meskipun bisa menghilang, sensasi tidak nyaman ini bahkan bisa terus terasa hingga 2 atau 3 hari kemudian.

Sebuah penelitian yang dilakukan pada tahun 2010 lalu dan hasilnya dipublikasikan dalam Sports Health justru menghasilkan fakta yang berbeda, yakni ada kemungkinan dehidrasi tidak akan menyebabkan masalah kram otot. Menurut Christopher Hogrefe, M.D. dari Northwestern Medicine, kram otot bisa jadi disebabkan oleh gangguan sirkulasi darah atau kebiasaan antara duduk dalam waktu yang lama atau duduk dengan posisi yang tidak benar. Hal lain yang bisa memicu kram otot adalah konsumsi obat-obatan tertentu, khususnya obat asma dan statin yang dikonsumsi oleh penderita kolesterol tinggi.

Beberapa penyebab lain dari masalah kram otot adalah penyakit saraf, penyakit Parkinson, atau gangguan pada otot. Yang menarik adalah, tak hanya melakukan peregangan atau pemijatan, kita juga bisa mengonsumsi air putih demi mengatasi masalah kram.

Dalam sebuah penelitian, disebutkan bahwa mengonsumsi jus acar setelah 35 detik sejak mengalami kram pada kaki bisa menurunkan sensasi nyeri hingga 40 persen. Konsumsi air putih juga bisa menurunkan sensasi kram tersebut meskipun efeknya tidak begitu terasa jika dibandingkan dengan saat mengonsumsi jus acar.

Meskipun belum jelas apakah dehidrasi bisa menyebabkan kram otot atau tidak, ada baiknya memang kita tetap memenuhi kebutuhan cairan tubuh yang bisa mempengaruhi kesehatan tubuh secara keseluruhan.