Definisi Psikologis Kleptomania

DokterSehat.Com – Kleptomania adalah suatu gangguan akibat kegagalan atau ketidak mampuan mengontrol keinginan untuk mengambil (mengutil, mencuri) barang yang sebetulnya tidak dibutuhkan atau sebenarnya tidak cukup berharga untuk pengambilnya.

12

Banyak orang penderita kleptomania menjalani hidup dengan rasa malu yang dirahasiakan karena mereka takut untuk mencari pertolongan pengobatan mental. Meskipun tidak ada pengobatan untuk kleptomania, perawatan dengan pengobatan atau terapi psikologis kemungkinan bisa menolong mengakhiri siklus mengambil atau mencuri kambuhan.

Gejala

  • Hasrat yang sangat kuat untuk mengambil/mencuri barang yanganda tidak butuhkan
  • Merasa tekanan meningkat nantinya menyebabkan pencurian
  • Merasa senang atau puas saat mencuri atau mengambil sesuatu
  • Merasa bersalah atau malu setelah melakukan pencurian

Hasrat yang sangat kuat

Tidak seperti pencuri barang di took, orang dengan kleptomania tidak secara kompulsif mencuri untuk memperoleh keuntungan pribadi, tidak juga mencuri untuk balas dendam. Mereka mencuri hanya karena keinginan atau hasrat yang sangat kuat yang tidak bisa ditahan oleh mereka. Dorongan ini membuat mereka sangat resah/tidak nyaman, tegang atau tegang. Untuk menenangkan perasaan ini, mereka mencuri.

Saat melakuka pencurian, mereka merasa lega dan merasakan kepuasaan. Meskipun setelahnya, mereka akan merasakan rasa bersalah, penyesalan, membenci diri sendiri dan takut akan ditangkap yang sangat besar. Tapi saat dorongan untuk mencuri datang lagi, siklus kleptomania akan terrulang dengan sendirinya.

Terjadi secara spontan dan di tempat umum

Peristiwa kleptomania umumnya terjadi ecara spontan, tanpa direncanakan. Kebanyakan orang penderita kleptomania mencuri dari tempat-tempat umum, misalnya toko-toko dan supermarket. Beberapa mencuri dari teman-teman atau kenalan, misalnya saat ada pesta. Sering terjadi, barang yang dicuri tdak memiliki kegunaan bagi si penderita kleptomania. Barang yang dicuri biasanya disimpan saja, tidak pernah digunakan. Barang-barang curian juga bisa disumbangkan, diberikan kepada keluarga atau teman-teman, atau bahkan secara diam-diam dikembalikan ke tempat dimana barang tersebut dicuri.

Baca Juga:  Tanda Depresi Setelah Melahirkan

Penyebab

Penyebab kleptomania tidak diketahui. Ada beberapa teori yang menyatakan bahwa perubahan di dalam otak mungkin menjadi akar permasalahan kleptomania. Kleptomania bisa dikaitkan dengan masalah-masalah kimiawi otak (neurotransmitter) yang terjadi secara alami dinamakann serotonin. Serotonin membantu mengatur suasana hati dan emosi. Kadar serotonin yang rendah biasanya terdapat pada orang-orang yang cenderung atau memiliki kelakuan yang meledak-ledak.

Kleptomania juga dikaitkan pada penyimpangan kecanduan, dan pencurian yang bisa melepaskan dopamin. Dopamin menyebabkan perasaan senang, dan beberapa orang mencari perasaan ini terus-menerus.

Penelitian lainnya menemukan bahwa kleptomania bia terjadi setelah seseorang mengalami cedera kepala. Dibutuhkan penelitian lebih jauh untuk bisa lebih mengerti semua penyebab kleptomania ini.

komplikasi

Dibiarkan tanpa mpengobatan bisa menghasilkan masalah yang parah pada tingkat emosi, houkum, dan masalah keuangan. Contonya, banyak orang dengan kleptomania pernah ditahan karena mencuri di toko belanja. Karena anda tahu bahwa mencuri itu salah, tapi anda tidak bisa menahan ledakan keinginan dalam diri, anda akan merusak diri anda dengan rasa bersalah, penyesalan, dan rasa malu. Jika tidak, anda mungkin saja terbawa pada tingkat moral,hidup dengan ketulusan dan kebingungan serta kesal oleh sifat mencuri kambuhan anda.

Kleptomania bisa menyebabkan atau terkait dengan hal-hal berikut :

  • Penangkapan Masuk penjara
  • Masuk penjara
  • Depresi
  • Penggunaan alkohol dan pemakaian zat-zat tertentu
  • Penyimpangan pola makan
  • Kegelisahan
  • Belanja dan berjudi secara kambuhan
  • Melakukan tindakan yang berkaitan dengan bunuh diri
  • Dikucilkan oleh lingkungan social

Pencegahan

Karena penyebab kleptomania masih belum jelas, tidak diketahu dengan jelas bagaimana mencegah kleptomania dengan jalan tertentu. Mendapatkan pengobatan secepatnya saat keinginan mencuri kambuhan mulai terjadi, bisa membantu mencegah kleptomania menjadi lebih buruk, kondisinya menjadi kronis yang nantinya akan sulit untuk disembuhkan.