Debat Baik-Buruk Minum Kencing Unta, Bagaimana Pendapat Dokter?

Becks
Photo Credit: Becks

DokterSehat.Com– Perdebatan tentang apakah minum kencing unta bisa memberikan dampak kesehatan bagi tubuh masih hangat terjadi di media sosial. Sebagian orang menyebutkan bahwa kencing unta memang bisa menyembuhkan penyakit, seperti diabetes atau bahkan kanker, namun, banyak pula yang menyebutkan bahwa kencing unta memiliki bakteri atau bahkan bisa menjadi penyebab MERS. Lantas, bagaimana pendapat dokter mengenai hal ini?

Pakar kesehatan dr. Eko Budidharmaja menyebutkan bahwa dari sisi medis, air kencing baik itu yang ada dari hewan ataupun manusia sebenarnya steril atau tidak mengandung bakteri dan kuman penyebab penyakit. Namun, kondisi ini hanya berlaku saat urine berada di dalam kandung kemih. Jika sudah dikencingkan, maka air seni ini akan segera terkontaminasi bakteri yang ada di bagian ujung saluran kencing. Tak hanya itu, wadah tempat menampung air seni juga memiliki bakteri yang bisa mengkontaminasi air seni tersebut sehingga membuatnya tidak aman untuk diminum.

Jika seseorang sedang mengalami infeksi saluran kemih, maka urine ini bahkan sudah dipastikan memiliki bakteri sejak di dalam tubuh sehingga tidak aman untuk dikonsumsi.

Untuk penelitian yang menyebutkan bahwa air kencing unta bisa menyembuhkan kanker, dr. Eko menyebutkan bahwa sebenarnya memang ada penelitian tentang hal ini yang dilakukan di King Faisal Hospital dan King Abdulazis University, rumah sakit dan universitas ternama di Arab Saudi.  Hanya saja, tahapan penelitian ini masih dalam uji pre klinis atau dilakukan pada hewan percobaan, belum pada tahapan uji klinis pada sampel manusia.

Dalam penelitian ini, sel kanker yang diambil dari tikus yang terkena leukimia berhasil dilawan oleh partikel nano air kencing unta. Hanya saja, dalam penelitian yang dipublikasikan dalam tautan ini dan ini, belum jelas apa yang dimaksud dengan partikel nano dalam air kencing unta. Hal ini berarti, belum tentu dengan minum air kencing unta, kita juga bisa mendapatkan manfaat partikel nano yang dimaksud.

Hal ini berarti, untuk memastikan apakah air kencing unta bisa dianggap menyembuhkan kanker atau tidak, kita harus menunggu hasil penelitian yang lebih pasti, bukannya yang masih dalam proses berjalan seperti sekarang ini sehingga kita pun tidak bisa dengan sembarangan mengkonsumsi air kencing unta karena adanya kemungkinan kontaminasi bakteri setelah urine keluar dari tubuh unta tersebut.