Daun Zaitun, Anti-bakteri sampai Anti-kanker

DokterSehat.com – Kebanyakan orang mungkin hanya mengetahui khasiat dari minyak zaitun. Padahal tak hanya minyaknya saja yang memiliki banyak manfaat kesehatan. Buah dan daunnya pun berkhasiat menyembuhkan berbagai penyakit.



Di Maroko daun zaitun sudah digunakan sebagai pengobatan tradisional untuk menjaga kadar gula darah dan diabetes. Kini sudah banyak penelitian ilmiah yang mengkaji khasiat dari daun zaitun. Masyarakat pun sudah banyak yang memanfaatkan daun zaitun sebagai pengobatan alternatif.

Zaitun mengandung senyawa oleuropein, yakni senyawa yang bersifat antibakteri, antifungal, antiviral, dan bermanfaat melawan berbagai macam infeksi internal. Senyawa oleuropein juga dapat meningkatkan produksi thermogenin yakni senyawa yang berfungsi membakar lemak dalam tubuh secara efektif.

Menurut hasil penelitian senyawa oleuropein dapat membantu menurunkan tekanan darah. Senyawa ini bersifat antioksidan poten yang bisa menghambat oksidasi lipid dalam darah, serta mencegah penyakit kardiovaskuler.

Dalam sebuah penelitian ilmiah diketahui bahwa senyawa antioksidan yang berasal dari tanaman memiliki manfaat kesehatan dan menekan risiko munculnya berbagai penyakit kronik. Telah dibuktikan bahwa antioksidan dalam daun zaiutn lebih tinggi ketimbang teh hijau.

Daun zaitun juga mengandung senyawa antikanker seperti apigenin dan luteolin, dan cinchonine yang merupakan sumber antimalarial. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa kandungan asam oleanolic dari daun zaitun mampu menghambat perkembangan kanker hati pada hewan uj coba laboratorium.

Terapi daun zaitun dapat bereaksi baik terhadap kanker hati dan kanker payudara. Asam oleat mampu memotong ekspresi gen yang berkaitan dengan perkembangan kanker payudara dan telah diakui sebagai terobosan besar dalam memahami diet Mediterania. Hal ini membuktikan bahwa daun zaitun terbukti efektif mencegah kanker yang berhubungan dengan inflasmasi seperti usus besar, liver, prostat, dan kanker lambung.

Baca Juga:  Menelepon Dengan Durasi Sangat Lama Tidak Baik Bagi Kesehatan

Dalam uji coba dengan hewan laboratorium diketahui bahwa ekstrak daun zaitun berperan sebagai anti- inflamasi, mencegah kerusakan saraf dan mencegah stroke.