Daun Pepaya Ternyata Bisa Membantu Penyembuhan Demam Berdarah

DokterSehat.Com – Pakar kesehatan menyebutkan jika daun pepaya adalah bahan alami yang bisa membantu penyembuhan berbagai macam penyakit, salah satunya adalah bagi penyakit demam berdarah. Menurut Prof. D. Narasimhlu yang berasal dari Kurnool Medical Challenge, daun pepaya ternyata bisa meningkatkan jumlah trombosit dalam darah yang biasanya memang menurun drastis saat penyakit demam berdarah muncul. Bagaimana hal ini bisa terjadi?



Narasimhlu menyebutkan jika daun pepaya ternyata memiliki zat aktif yang bisa berguna untuk mengatasi berbagai macam penyakit yang disebut sebagai papain dan chymopapain. Menurut sebuah penelitian kesehatan, andai kedua zat yang terkandung dalam daun pepaya ini bisa diekstrak, maka bisa tercipta obat alternatif yang bisa membantu penyembuhan konvensional penyakit demam berdarah tanpa memberikan resiko adanya efek samping.

Memang, penelitian untuk membuat ekstrak daun pepaya ini masih dalam tahap pengembangan dan masih belum bisa digunakan secara umum. Namun, Narasimhlu menyebutkan jika penelitian ini berhasil membuktikan bahwa ekstrak daun pepaya ini secara efektif meningkatkan jumlah trombosit dalam darah yang sebelumnya berada di atas angka 50.300. Sebagai informasi, jumlah trombosit orang dewasa yang normal adalah diantara 150 ribu hingga 450 ribu. Jika penyakit demam berdarah atau masalah kesehatan lainnya membuat angka trombosit ini menurun hingga di bawah 50.300, maka pasien pun harus mendapatkan pertolongan medis yang intensif dan lebih cepat agar jumlah trombosit ini meningkat drastis.

Dalam penelitian ini sendiri, ada 80 pasien dengan kondisi memiliki kadar trombosit dalam darah yang sangat rendah akibat berbagai macam penyakit. Para pasien ini diminta untuk mengkonsumsi 25 ml ekstrak pepaya tiga kali dalam sehari selama 5 hari berturut-turut. Penelitian yang hasilnya dipublikasikan dalam jurnal Departemen Kesehatan Umum yang ada di Osmania General Medicine menyebutkan bahwa jumlah trombosit dalam darah para pasien ini mengalami peningkatan yang signifikan sehingga membantu proses penyembuhan berbagai penyakit yang mereka derita.