Daun Kumis Kucing Bisa Dibuat Jus Lho!

kumis-kucing-doktersehat
Photo Credit: flickr/ Forest and Kim Starr

DokterSehat.Com– Tanaman kumis kucing sudah banyak kita kenal untuk manfaatnya bagi kesehatan. Daun kumis kucing biasanya kita gunakan sebagai tanaman obat. Manfaat dari kumis kucing dapat kita peroleh dari daunnya. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa daun kumis kucing memiliki banyak manfaat yang dapat mengurangi batuk. Selain itu penelitian lain menunjukkan bahwa daun kumis kucing terbukti memiliki kandungan fitokimia yang bermanfaat untuk mendukung fungsi perkemihan dan baik untuk ginjal.

Pemanfaatan daun kumis kucing sudah mulai diolah dalam berbagai produk. Umumnya daun kumis kucing diolah dalam bentuk kering dan dimanfaatkan dalam bentuk obat atau ekstrak daunnya. Konon pemanfaatan daun kumis kucing biasanya diperoleh dari daunnya yang masih basah. Beberapa pemanfataaannya adalah dengan merebusnya dan meminum airnya. Kini kita bisa mendapatkan manfaat dari daun kumis kucing dengan mengolahnya sendiri dirumah dengan membuatnya sebagai jus.

Menurut pakar kesehatan Rita Ramayulis dalam bukunya disebutkan bahwa pemanfaatan daun kumis kucing sebagai jus dapat dikombinasikan dengan beberapa bahan makanan lain yang juga terbukti baik bagi ginjal. Pemanfaatan daun kumis kucing dapat digunakan untuk jus dapat ditambah dengan bahan makanan lain yaitu:

Daun kumis kucing ditambah dengan melon dan stroberi
Penggunaan daun kumis kucing yang dibuat untuk jus adalah dengan mengambil air daun kumis kucing dari jucier kemudian dicampurkan dengan bahan makanan lainnya. Perbandingan jumlah porsi dalam satu kali pembuatan jus daun kumis kucing yang digunakan adalah 100 gram sedangkan buah melon 200 gram dan stroberi 50 gram.

Daun kumis kucing ditambah dengan semangka dan stroberi
Cara pembuatan dan perbandingan jus sama dengan pembuatan jus diatas, dimana air kumis kucing dicampurkan ke bahan makanan lain kemudian dijus jadi satu.

Pembuatan jus dari daun kumis kucing selain bermanfaat untuk tubuh juga cukup mudah untuk kita lakukan. Bagaimana apakah anda tertarik mencobanya?