Daun Jambu Biji Ternyata Bisa Mengatasi Rambut Rontok

DokterSehat.Com – Kita mengenal daun jambu biji sebagai salah satu obat alami yang bisa mengatasi masalah diare. Namun, pakar kesehatan ternyata menemukan khasiat lain dari daun jambu biji, yakni mampu membuat rambut kita menjadi lebih sehat dan lebih kuat. Bahkan, banyak pakar kecanitkan yang menyarankan daun jambu biji sebagai solusi untuk mengatasi masalah rambut rontok. Bagaimana hal ini bisa terjadi?

doktersehat-rambut-rontok-daun-jambu-biji

Sebuah penelitian menunjukkan fakta menarik dimana daun jambu biji ternyata memiliki nutrisi yang sangat baik bagi kesehatan rambut dan membuatnya lebih kuat. Sebagai contoh, daun jambu biji ternyata memiliki vitamin B2, B3, B5, dan B6. Kandungan vitamin inilah yang mampu menjaga rambut dari masalah kerontokan. Tak hanya itu, rambut yang mendapatkan kandungan vitamin tersebut dengan cukup akan cenderung lebih bercahaya, lebih berkilau, dan juga lebih lembut.

Untuk mendapatkan khasiat daun jambu biji ini bagi rambut kita, kita bisa dengan mudah memakai beberapa lembar daun jambu biji yang kemudian direbus ke air. Tak perlu air dalam jumlah banyak, gunakan air secukupnya saja dan rebuslah campuran daun jambu biji dengan air ini hingga mendidih dan warnanya sedikit keruh. Setelah itu, matikan dan diamkan hingga campuran ini mendingin. Setelah lebih dingin, saringlah air hingga bersih dan air rebusan ini bisa kita maksimalkan menjadi masker rambut.

Masker rambut yang terbuat dari campuran daun jambu biji dan air ini bisa kita oleskan ke seluruh rambut hingga kulitnya secara merata. Kita juga sebaiknya memijat kulit kepala dengan lembut untuk mendapatkan efek lebih maksimal. Setelah itu, diamkan saja masker ini pada rambut sekitar 15 hingga 20 menit lamanya dan kemudian cucilah rambut hingga bersih. Setelah itu, oleskanlah minyak kelapa pada rambut hingga merata. Minyak kelapa ini akan menjaga kelembaban rambut dengan baik.

Baca Juga:  Diabetes Bisa Memicu Masalah Kesehatan Lain yang Berbahaya

Dengan melakukan trik ini setidaknya dua kali dalam seminggu secara rutin, kita pun tidak akan lagi mengalami masalah rambut rontok karena rambut menjadi lebih kuat, lebih sehat, dan lebih cantik.